Pria Spanyol Positif Corona Ngotot Kerja, 22 Orang Tertular

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 11:16 WIB
Sars-CoV-19 test tube in purple protective glove, virus illustration on computer screen in background
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/PS3000)
Madrid -

Seorang pria di Spanyol didakwa melakukan tindak pidana setelah menularkan virus Corona (COVID-19) terhadap 22 orang lainnya. Pria ini mengalami gejala-gejala Corona namun bersikeras tetap masuk kerja, bahkan sengaja batuk-batuk tanpa masker di hadapan rekan-rekan kerjanya.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Senin (26/4/2021), pria berusia 40 tahun yang tidak disebut identitasnya ini, telah dijerat dakwaan secara sengaja memicu cedera pada orang lain terkait perilaku sembrono yang membuat 22 orang lainnya tertular Corona dari dirinya.

Kepolisian Spanyol mulai menyelidiki kasus ini setelah mendapati kemunculan wabah Corona di sebuah perusahaan di Pulau Mallorca, Spanyol.

Menurut kepolisian setempat, beberapa hari sebelum wabah muncul, pria itu menunjukkan gejala-gejala Corona tapi menolak saran rekan-rekan kerjanya untuk pulang dan melakukan isolasi mandiri.

Sepulang kerja, karena tidak menunjukkan peningkatan, pria itu melakukan tes PCR (polymerase chain reaction). Dia tidak menunggu hasil tesnya dalam karantina, malah mendatangi sebuah gym dan masuk kerja keesokan harinya.

Atasan pria ini memberitahunya untuk pulang setelah pemeriksaan menunjukkan suhu tubuhnya 40 derajat Celsius. Pria itu tetap menolak untuk pulang. Dia justru berjalan dan berkeliling di tempat kerjanya, sembari menurunkan masker yang dipakainya dan sengaja batuk-batuk di depan rekan-rekan kerjanya.

"Saya akan menulari kalian semua dengan virus Corona," ucap pria itu seperti dikutip kepolisian.

Simak juga video 'WHO: Infeksi COVID-19 Pada Orang Usia 25-59 Tahun Meningkat':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2