Dokter di Persidangan Sebut George Floyd Meninggal Kekurangan Oksigen

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 12:10 WIB
George Floyd: Bermula dari laporan dugaan pemalsuan uang, apa saja yang terjadi dalam 30 menit momen terakhir hidupnya?
George Floyd (dok. BBC Magazine)
Minneapolis -

Sidang kasus pembunuhan George Floyd kembali digelar di Minneapolis, Amerika Serikat (AS). Keterangan seorang dokter ahli saluran pernapasan dalam sidang menyatakan Floyd meninggal dunia akibat kekurangan oksigen.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/4/2021), sang dokter juga menyebut bahwa lutut Derek Chauvin, mantan polisi Minneapolis yang menjadi terdakwa utama dalam kasus ini, selalu ditindihkan ke leher Floyd nyaris selama 9 menit saat Floyd dalam posisi telungkup di jalanan dengan kedua tangannya diborgol ke belakang.

Dokter Martin Tobin yang merupakan pakar pulmonologi, dokter spesialis penyakit yang berkaitan dengan saluran pernapasan, menuturkan kepada para juri pengadilan bahwa dirinya telah menonton video momen penangkapan Floyd pada 25 Mei 2020 sebanyak 'ratusan kali'.

"Floyd meninggal akibat rendahnya level oksigen (kekurangan oksigen)," ucap dokter Tobin dalam persidangan yang digelar Kamis (8/4) waktu setempat.

"Ini memicu kerusakan pada otaknya," imbuhnya.

Dokter Tobin juga menyebut Floyd mengalami kondisi yang disebut aritmia atau detak jantung tidak teratur. "Itu membuat jantungnya berhenti," sebutnya.

Chauvin (45) yang telah dipecat dari Kepolisian Minneapolis, terlihat dalam video yang diambil seorang saksi mata, menempatkan lututnya di leher Floyd (46) selama lebih dari 9 menit. Dalam momen itu, Floyd terlihat megap-megap dan berulang kali mengeluhkan bahwa dia tidak bisa bernapas.

Video yang menunjukkan momen itu memicu unjuk rasa besar-besaran menentang ketidakadilan ras dan kebrutalan polisi di AS, juga di berbagai negara lainnya.

Dalam keterangannya, dokter Tobin menyebut napas Floyd melemah karena dia 'ditekan dengan kuat' dalam posisi telungkup dan kedua tangan diborgol, dengan Chauvin dan beberapa polisi lainnya menindih leher dan punggungnya.

Simak Video "Saksi: Terdakwa Kasus Pembunuhan George Floyd Langgar Kebijakan":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2