Round-Up

Lockdown Brasilia hingga Auckland Gegara Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 22:26 WIB
Penularan dari Klaster Pantai Utara Sydney Bertambah, Lockdown Diberlakukan
Foto: Ilustrasi (ABC Australia)

"Yang paling diinginkan orang-orang adalah bekerja," cetusnya dalam kunjungan ke wilayah Brasil bagian tenggara pada Jumat (26/2) waktu setempat.

Sementara itu, di belahan dunia lainnya, Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, memerintahkan lockdown kembali untuk kota Auckland setelah terdeteksi satu kasus penularan lokal virus Corona tanpa sumber yang jelas. Lockdown akan diberlakukan mulai Minggu (28/2) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (27/2/2021), Auckland yang merupakan kota terbesar di Selandia Baru juga mengalami lockdown selama tiga hari kurang dari dua pekan lalu. Lockdown terbaru di Auckland akan berlangsung selama setidaknya tujuh hari, mulai Minggu (28/2) besok.

Ardern mengungkapkan bahwa satu kasus baru Corona yang terkonfirmasi pada Sabtu (27/2) waktu setempat, tidak bisa dikaitkan secara langsung dengan kasus-kasus positif lainnya yang terdeteksi dua pekan terakhir. Dengan kata lain, sumber penularan satu kasus baru ini tidak jelas.

Oleh karena itu, mulai Minggu (28/2) waktu setempat, sebanyak 1,7 juta warga kota Auckland diperintahkan tetap tinggal di rumah, kecuali untuk urusan berbelanja kebutuhan pokok dan untuk bekerja.

Sekolah dan pertokoan non-esensial akan tutup selama lockdown. Akses masuk dan keluar kota Auckland juga akan dibatasi.

Halaman

(rfs/lir)