International Updates

AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi, Suu Kyi Dipindah ke Lokasi Rahasia

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 19:06 WIB
Saudi Crown Prince Mohammed bin Salman speaks during the meeting of Islamic Military Counter Terrorism Coalition defence ministers in Riyadh, Saudi Arabia November 26, 2017. Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.
Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS (dok. Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS)

- Tolak Kudeta, Dubes Myanmar Dorong PBB Tindak Tegas Junta Militer

Duta Besar Myanmar untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyampaikan permohonan emosional kepada komunitas internasional melalui forum PBB untuk memberikan 'tindakan setegas mungkin' terhadap pemerintahan junta militer yang kini menguasai Myanmar.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (27/2/2021), Dubes Myanmar untuk PBB, Kyaw Moe Tun, mengambil langkah yang sangat langka sebagai perwakilan negaranya ketika dia memutuskan berbeda sikap dengan penguasa negaranya saat berpidato di hadapan Majelis Umum PBB pada Jumat (26/2) waktu setempat.

"Kami membutuhkan... tindakan setegas mungkin dari komunitas internasional untuk segera mengakhiri kudeta militer, untuk menghentikan penindasan terhadap orang-orang tak bersalah, untuk mengembalikan kekuasaan negara kepada rakyat, dan untuk memulihkan demokrasi," ucap Kyaw dalam pidatonya, dengan sesekali suaranya tercekat dan dipenuhi emosi.

- Auckland Lockdown Lagi Usai Satu Kasus Corona Terdeteksi

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, memerintahkan lockdown terbaru untuk kota Auckland setelah terdeteksi satu kasus penularan lokal virus Corona (COVID-19) tanpa sumber yang jelas. Lockdown terbaru akan diberlakukan mulai Minggu (28/2) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (27/2/2021), Auckland yang merupakan kota terbesar di Selandia Baru juga mengalami lockdown selama tiga hari kurang dari dua pekan lalu. Lockdown terbaru di Auckland akan berlangsung selama setidaknya tujuh hari, mulai Minggu (28/2) besok.

Dalam konferensi pers, Ardern mengungkapkan bahwa satu kasus baru Corona yang terkonfirmasi pada Sabtu (27/2) waktu setempat, tidak bisa dikaitkan secara langsung dengan kasus-kasus positif lainnya yang terdeteksi dua pekan terakhir. Dengan kata lain, sumber penularan satu kasus baru ini tidak jelas.

- Keberadaan Aung San Suu Kyi Misterius Usai Dipindah ke Lokasi Rahasia

Keberadaan pemimpin de-facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, yang ditahan sejak kudeta militer pada 1 Februari kini menjadi tanda tanya. Pejabat partai yang menaungi Suu Kyi dan pengacaranya mengungkap dia telah dipindahkan ke sebuah lokasi rahasia.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (27/2/2021), kabar soal misteriusnya keberadaan Suu Kyi itu dilaporkan media independen Myanmar Now yang pada Jumat (26/2) waktu setempat, menyebut Suu Kyi dipindahkan dari kediamannya. Diketahui bahwa Suu Kyi menjadi tahanan rumah sejak militer merebut kekuasaannya.

Sejumlah sumber dari Partai Liga Demokrasi Nasional (NLD) yang berkuasa di Myanmar dan menaungi Suu Kyi, menuturkan kepada Myanmar Now, bahwa Suu Kyi telah dipindahkan dari kediamannya di ibu kota Naypyitaw sekitar enam hari lalu ke sebuah lokasi yang dirahasiakan.

Halaman

(nvc/nvc)