Jam Malam Aktif, Massa Trump Mulai Tinggalkan Gedung Capitol

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 07:08 WIB
Riot police prepare to move demonstrators away from the US Capitol in Washington DC on January 6, 2021. - Donald Trumps supporters stormed a session of Congress held today, January 6, to certify Joe Bidens election win, triggering unprecedented chaos and violence at the heart of American democracy and accusations the president was attempting a coup. (Photo by Brendan SMIALOWSKI / AFP)
Polisi berjaga di Gedung Capitol AS (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
Washington DC -

Kerumunan di Gedung Capitol Amerika Serikat perlahan membubarkan diri. Massa pendukung Presiden Donald Trump mulai pulang menyusul pemberlakuan jam malam pada pukul 6 sore oleh Wali Kota Washington DC.

Dilansir CNN, Kamis (7/1/2021) kerumunan besar orang terlihat mulai menyusut pada pukul 18.25, Rabu sore waktu setempat. Massa mulai membubarkan diri.

Sementara itu, dilansir AFP, Wali Kota Washington Muriel Bowser memerintahkan jam malam di seluruh kota pada Rabu setempat. Kebijakan itu diambil usai massa Trump mengepung Capitol AS.

Bowser menetapkan jam malam pukul 18.00 waktu setempat. Jam malam ini berlaku hingga pukul 06.00 pagi, Kamis waktu setempat.

Para sersan di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat mengatakan bahwa Capitol sekarang aman. Situasi dapat dikendalikan setelah 4 jam didobrak oleh pendukung Trump.

Jam malam menjelang senja telah diumumkan oleh Bowser. Dia juga meminta bantuan Garda Nasional untuk memulihkan ketertiban kota.

"Kami ingin semua orang bubar dan bergerak dengan cepat," kata Bowser kepada wartawan. "Jam malam akan diberlakukan,".

Polisi dengan perlengkapan anti huru hara telah menyiapkan perimeter di sekitar gedung Capitol, yang diserang oleh pendukung Trump setelah berpidato di dekat demonstran. Dalam pidato itu, Trump mengulangi klaim kecurangan yang tidak berdasar pada Pemilu AS.

Tonton video 'Massa Trump Rusuh di Kongres AS, Sejumlah Polisi Terluka':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/zak)