Live di TV, Joe Biden Disuntik Vaksin Corona di RS Delaware

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 04:54 WIB
Joe Biden Kantongi Izin Resmi Transisi Pemerintahan, Selanjutnya Apa?
Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden (Foto: DW (News)
Jakarta -

Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden disuntik vaksin COVID-19 yang disiarkan secara langsung di televisi pada Senin. Penyuntikan terhadap Biden itu sebagai kampanye untuk meningkatkan kepercayaan orang Amerika pada suntikan vaksin Corona.

Dilansir AFP, Selasa (22/12/2020), presiden terpilih yang berusia 78 tahun itu mendapat vaksin Pfizer di Rumah Sakit Christiana di Newark, Delaware. Istrinya Jill juga menerima suntikan vaksin itu sebelumnya.

Biden mengatakan kepada orang Amerika agar tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika mereka divaksinasi. Ia juga mengatakan harus tetap memakai masker dan mendengarkan para ahli.

Mereka adalah tokoh politik terkenal terbaru yang secara terbuka bergabung dengan gelombang pertama vaksinasi yang bertujuan menghentikan pandemi yang telah menewaskan hampir 318.000 orang Amerika.

Wakil Presiden Mike Pence dan istrinya sudah menjalani vaksinasi terlebih dahulu minggu lalu. Namun, Presiden Donald Trump belum ikut serta dalam upaya tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Joe Biden berkata bahwa dirinya akan 'senang' untuk mendapat suntikan vaksin Corona secara publik untuk menunjukkan keamanannya kepada warga AS.

Dilansir Reuters, dan CNN, Jumat (4/12) lalu, Biden menyebut dirinya akan melakukan hal itu jika pakar penyakit menular terkemuka AS, Dr Anthony Fauci, menyatakan vaksin itu aman digunakan.

Tidak hanya Biden, Wapres terpilih AS, Kamala Harris juga akan ikut disuntik vaksin Corona secara publik untuk mendorong kepercayaan rakyat AS terhadap keamanan vaksin tersebut.

"Saat itulah saya akan berdiri di hadapan publik (untuk disuntik vaksin Corona)," ujar Biden.

(ibh/ibh)