International Updates

Hakim AS Perintahkan Buka Dokumen Khashoggi, Adik Kim Jong-Un Marah ke Korsel

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 18:02 WIB
Jamal Khashoggi
Jamal Khashoggi (Foto: Chris McGrath/Getty Images)
Jakarta -

Seorang hakim di New York, Amerika Serikat (AS), memerintahkan badan intelijen AS untuk mengungkap sebagian dokumen terkait kasus pembunuhan wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi. Salah satunya adalah mengakui adanya rekaman terkait pembunuhan Khashoggi tahun 2018 lalu.

Seperti dilansir AFP, Rabu (9/12/2020), hakim AS itu juga menginstruksikan Badan Intelijen Pusat (CIA) dan Kantor Direktur Intelijen Nasional (ODNI) untuk menjelaskan mengapa mereka menahan rekaman tersebut dan menjelaskan laporan CIA soal pembunuhan mengerikan itu.

Khashoggi yang seorang kolumnis media terkemuka AS, Washington Post, dilaporkan tewas dicekik dan dimutilasi di dalam Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, setelah dia datang ke sana untuk mengambil dokumen untuk pernikahannya dengan tunangannya yang seorang wanita Turki.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (9/12/2020):

- Pesawat Putin Kemalingan, Pencuri Bawa Kabur 39 Peralatan Radio

Sebuah pesawat militer Rusia yang dirancang untuk digunakan para pejabat tinggi dan Presiden Vladimir Putin mengalami kemalingan. Pesawat ini dijuluki sebagai pesawat 'hari kiamat' karena diniatkan untuk menyelamatkan presiden jika terjadi perang nuklir.

Dilansir dari The Guardian, Rabu (9/12/2020) aksi pencurian di pesawat Ilyushin-80--sebuah pos komando bergerak yang dirancang khusus untuk menjaga para pejabat tetap hidup dan menjadi komando militer selama konflik nuklir--terjadi di sebuah lapangan udara di Rusia selatan. Peristiwa ini dilaporkan media pemerintah Rusia.

Para pencuri berhasil membuka pintu kargo pesawat yang sangat rahasia itu dan kabur dengan 39 peralatan radio. Mereka belum tertangkap.

Pejabat kementerian dalam negeri di kota Taganrog membenarkan bahwa sebuah pesawat di Kompleks Ilmiah dan Teknis Penerbangan Taganrog berhasil dibobol para pencuri, meskipun mereka tidak merinci yang mana.

- Penyakit Misterius di India, Jejak Timah-Nikel Ditemukan di Darah Pasien

Para dokter di India menemukan jejak timah dan nikel berlebihan di dalam sampel darah para pasien yang dirawat di rumah sakit di Andhra Pradesh akibat penyakit misterius. Hal ini terungkap dalam penyelidikan awal yang tengah dilakukan otoritas India untuk mencari penyebab penyakit misterius itu.

Seperti dilansir CNN, Rabu (9/12/2020), lebih dari 500 orang dirawat di rumah sakit akibat penyakit misterius yang belum teridentifikasi. Dituturkan petugas pemantau distrik Godavari Barat, Dolla Joshi Roy, bahwa para pasien dilaporkan mengalami serentetan gejala termasuk kejang, hilang kesadaran dan mual-mual.

Kantor Kepala Menteri setempat, YS Jagan Mohan Reddy, menyatakan bahwa hasil awal penyelidikan yang dilakukan tim dari Institut Ilmu Medis Seluruh India (AIIMS) menemukan partikel timah dan nikel di dalam sampe darah para pasien.

- Korsel Ragukan Klaim Korut Bebas Corona, Adik Kim Jong-Un Berang

Kim Yo-Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-Un, memberikan peringatan keras terhadap Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) yang mempertanyakan klaim bebas virus Corona (COVID-19) di negara komunis tersebut.