Pesawat Putin Kemalingan, Pencuri Bawa Kabur 39 Peralatan Radio

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 12:23 WIB
Parlemen Rusia akan berikan kekebalan hukum bagi Putin di tengah tudingan berniat jadi presiden seumur hidup
Foto: Presiden Rusia, Vladimir Putin (BBC World)
Moskow -

Sebuah pesawat militer Rusia yang dirancang untuk digunakan para pejabat tinggi dan Presiden Vladimir Putin mengalami kemalingan. Pesawat ini dijuluki sebagai pesawat 'hari kiamat' karena diniatkan untuk menyelamatkan presiden jika terjadi perang nuklir.

Dilansir dari The Guardian, Rabu (9/12/2020) aksi pencurian di pesawat Ilyushin-80--sebuah pos komando bergerak yang dirancang khusus untuk menjaga para pejabat tetap hidup dan menjadi komando militer selama konflik nuklir--terjadi di sebuah lapangan udara di Rusia selatan. Peristiwa ini dilaporkan media pemerintah Rusia.

Para pencuri berhasil membuka pintu kargo pesawat yang sangat rahasia itu dan kabur dengan 39 peralatan radio. Mereka belum tertangkap.

Pejabat kementerian dalam negeri di kota Taganrog membenarkan bahwa sebuah pesawat di Kompleks Ilmiah dan Teknis Penerbangan Taganrog berhasil dibobol para pencuri, meskipun mereka tidak merinci yang mana.

Ren-TV, stasiun televisi Rusia, melaporkan bahwa polisi telah menemukan sepatu dan sidik jari di dalam pesawat.

Rusia hanya memiliki empat pesawat Ilyushin-80, Il-86 yang dimodifikasi secara khusus dan diperlengkapi untuk melindungi penumpang jika terjadi perang nuklir. Pesawat ini tidak memiliki jendela penumpang, untuk menyelamatkan penumpang dari ledakan atom.

Pesawat-pesawat itu juga membawa peralatan komunikasi khusus untuk menjaga kontak dengan angkatan bersenjata negara itu, termasuk pasukan rudal yang mampu meluncurkan serangan nuklir. Antena yang dapat ditarik dari bagian belakang pesawat dapat mempertahankan komunikasi dengan kapal selam rudal balistik.