International Updates

Biden Tunjuk Eks Jenderal Jadi Menhan, 14 Pejabat China Dijatuhi Sanksi AS

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 18:40 WIB
(FILES) In this file photo taken on March 8, 2016 Army General Lloyd Austin III, commander of the US Central Command, speaks during a hearing of the Senate Armed Services Committee in Washington, DC. - US President-elect Joe Biden has chosen retired General Lloyd Austin to head his Defence Department, US media reported on December 7, 2020. Lloyd Austin, who led US troops into Baghdad in 2003 and rose to head the US Central Command, has been chosen by President-elect Joe Biden to be the first African-American secretary of defense. (Photo by Brendan Smialowski / AFP)
Lloyd Austin (AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
Jakarta -

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menunjuk pensiunan Jenderal Lloyd Austin menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) untuk kabinetnya nanti. Otoritas AS menjatuhkan sanksi baru terhadap 14 pejabat senior China terkait pencopotan anggota parlemen oposisi Hong Kong beberapa waktu lalu.

Austin yang mengawasi militer AS di Timur Tengah pada era Barack Obama ini akan menjadi Menhan kulit hitam pertama AS jika penunjukannya disetujui oleh Kongres AS. Austin (67) yang merupakan pensiunan jenderal bintang empat dikenal sebagai veteran untuk konflik Irak dan Afghanistan.

Sementara itu, pemerintahan Presiden Donald Trump mengumumkan pihaknya membekukan aset-aset di AS dan menerapkan larangan perjalanan ke AS untuk 14 Wakil Ketua Komisi Tetap pada Kongres Nasional Rakyat (NPCSC) -- badan tinggi pembuat kebijakan di parlemen China.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (8/12/2020):

- Langgar Karantina Corona 8 Detik, Pekerja Migran di Taiwan Didenda Rp 49 Juta

Otoritas Taiwan menjatuhkan hukuman denda 100 ribu dolar Taiwan (Rp 49,8 juta) terhadap seorang pekerja migran asal Filipina yang melanggar karantina wajib untuk pengendalian virus Corona (COVID-19). Pekerja migran itu terekam CCTV melanggar karantina Corona hanya selama 8 detik saja.

Seperti dilaporkan kantor berita Taiwan, Central News Agency (CNA) dan dilansir CNN, Selasa (8/12/2020), pekerja migran asal Filipina yang tidak disebut namanya ini, tengah menjalani karantina di sebuah hotel di Kaohsiung City. Seorang staf hotel yang memantau CCTV memergoki pria itu keluar dari kamarnya.

Dilaporkan bahwa pria itu melangkah keluar dari kamarnya selama 8 detik saja. Di bawah aturan karantina Corona yang berlaku di Taiwan, orang yang sedang dikarantina tidak diperbolehkan keluar dari kamar mereka, tidak peduli berapa lama.

- Biden Tunjuk Pensiunan Jenderal Jadi Menhan Kulit Hitam Pertama AS

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menunjuk pensiunan Jenderal Lloyd Austin yang mengawasi militer AS di Timur Tengah pada era Barack Obama, menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) untuk kabinetnya nanti. Austin akan menjadi Menhan kulit hitam pertama AS jika penunjukannya disetujui Kongres AS.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Selasa (8/12/2020), penunjukan Austin sedikit mengejutkan karena sebelumnya Michelle Flournoy menjadi kandidat yang dijagokan menempati jabatan tersebut. Flournoy yang pernah menjabat Wakil Menhan AS akan menjadi wanita pertama yang menjabat Menhan jika ditunjuk oleh Biden.

Informasi soal keputusan Biden menunjuk Austin menjadi Menhan AS dilaporkan pertama kali oleh Politico. Media-media terkemuka AS lainnya, seperti CNN dan New York Times, yang mengutip sejumlah sumber yang memahami keputusan itu, menyebut Biden telah mengambil keputusan pada Senin (7/12) waktu setempat dan akan mengumumkannya secara resmi pada Jumat (11/12) mendatang.

Penunjukan Austin menjadi Menhan membutuhkan persetujuan Kongres AS, khususnya Senat.

Tonton video 'Biden Tunjuk Menhan Kulit Hitam Pertama AS':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2