2 Sekutu Dekat Trump Ditunjuk Jadi Dewan Penasihat Pentagon

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 13:28 WIB
FILE - In this Nov. 7, 2020, file photo, President Donald Trumps campaign advisor Corey Lewandowski, listens to a speaker during a news conference on legal challenges to vote counting in Pennsylvania in Philadelphia. The Pentagon has appointed two close political allies of President Donald Trump to a defense advisory board, continuing a purge of the Defense Department in the waning weeks of the Trump administration. The acting secretary of defense, Christopher Miller, said in a written statement Friday that nine members of the Defense Business Board had been replaced with the appointment of 11 new members. The new members include Lewandowski and David Bossie, who are among Trumps most outspoken allies. (AP Photo/John Minchillo)
Corey Lewandowski (AP Photo/John Minchillo)
Washington DC -

Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) menunjuk dua sekutu dekat Presiden AS, Donald Trump, untuk menempati posisi dalam dewan penasihat pertahanan. Penunjukan ini menjadi yang terbaru dalam rentetan 'pembersihan' pasca pilpres AS dalam pekan-pekan terakhir pemerintahan Trump.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (5/12/2020), Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertahanan AS, Christopher Miller, yang ditunjuk Trump pada 9 November setelah dia memecat Mark Esper, mengumumkan bahwa sembilan anggota Dewan Bisnis Pertahanan telah diganti dengan penunjukan 11 anggota baru.

Dua di antaranya merupakan Corey Lewandoswki dan David Bossie yang merupakan sekutu Trump. Sembilan anggota lainnya adalah Henry Dreifus, Robert McMahon, Cory Mills, Bill Bruner, Christopher Shank, Joseph Schmidt, Keary Miller, Alan Weh dan Earl Matthews.

"Orang-orang ini memiliki catatan prestasi yang telah terbukti dalam bidang mereka masing-masing dan telah menunjukkan kepemimpinan yang akan mengabdi pada departemen kita dan bangsa kita dengan baik," sebut Miller dalam pengumumannya.

Pernyataan Miller pada awalnya menyebut sembilan anggota lama Dewan Bisnis Pertahanan dicopot karena telah habis masa jabatan mereka. Namun kemudian Pentagon memberikan pernyataan revisi yang menyebut beberapa anggota dewan itu 'diberhentikan' dengan alasannya tidak disebut lebih lanjut.

Piagam yang mengatur masa jabatan Dewan Bisnis Pertahanan menyatakan para anggota ditunjuk untuk masa jabatan beragam, mulai dari 1 tahun hingga 4 tahun dengan pembaruan jabatan secara tahunan.

Disebutkan juga bahwa para anggota harus memiliki 'rekam jejak yang telah terbukti dengan penilaian baik dan ketajaman bisnis dalam memimpin atau mengatur korporasi atau organisasi sektor swasta yang besar dan kompleks, serta kekayaan tinggi, pengalaman bisnis global dalam bidang manajemen eksekutif, tata kelola korporasi, audit dan keuangan, sumber daya manusia, ekonomi, teknologi atau layanan kesehatan'.

Dewan Bisnis Pertahanan yang didirikan tahun 2002 lalu memiliki peran untuk memberikan nasihat dan rekomendasi independen kepada Menteri Pertahanan dan Wakil Menteri Pertahanan mengenai keseluruhan pengelolaan Departemen Pertahanan, proses bisnis dan tata kelola dari perspektif sektor swasta.

Lewandowksi merupakan salah satu dari tiga manajer kampanye pertama Trump dalam pilpres 2016 lalu. Dia bersama Bossie masih menjadi anggota tim kampanye Trump dalam pilpres tahun ini.

(nvc/rdp)