Korsel Gagalkan Upaya Korut Retas Perusahaan Pembuat Vaksin Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 12:22 WIB
Virus corona: China diam-diam uji coba vaksin Covid-19 pada para pekerja
Ilustrasi (BBC World)
Seoul -

Badan intelijen Korea Selatan (Korsel) dilaporkan berhasil menggagalkan upaya Korea Utara (Korut) untuk meretas perusahaan Korsel yang sedang mengembangkan vaksin virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir Reuters, Jumat (27/11/2020), hal tersebut dilaporkan oleh kantor berita News1 yang mengutip seorang anggota Komisi Intelijen Parlemen Korsel bernama Ha Tae-keung yang baru saja mendapatkan penjelasan oleh Dinas Intelijen Nasional Korsel (NIS).

Dituturkan Ha bahwa upaya peretasan Korut terhadap sejumlah perusahaan Korsel yang mengembangkan vaksin Corona berhasil digagalkan oleh intelijen Korsel.

Namun tidak disebutkan lebih detail berapa banyak dan perusahaan mana saja yang menjadi target peretasan Korut.

Laporan News1 menyebut tidak ada kerusakan yang ditimbulkan upaya peretasan oleh Korut tersebut.

Pekan lalu, Microsoft menyatakan bahwa para peretas yang bekerja untuk pemerintah Rusia dan Korut berupaya membobol tujuh perusahaan farmasi dan peneliti vaksin di Korsel, Kanada, Prancis, India dan Amerika Serikat (AS).

Pada Rabu (25/11) malam, Menteri Luar Negeri (Menlu) Korsel, Kang Kyung-Wha, menggelar pertemuan dengan Menlu China, Wang Yi, di Seoul. Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat bekerja sama dalam pembicaraan yang terhenti soal program nuklir Korut hingga cara mengatasi pandemi Corona. Disepakati juga persiapan untuk kunjungan kenegaraan Presiden Xi Jinping ke Korsel, setelah rencana kunjungan awal tahun ini batal karena Corona.

(nvc/ita)