Tekad China dan Korea Selatan Tangani Pandemi hingga Nuklir

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 16:28 WIB
Jakarta -

Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) Kang Kyung-wha mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi di Seoul pada Rabu (25/11) malam waktu setempat.

Wang mengatakan kunjungannya ke Seoul adalah untuk membuktikan pentingnya hubungan bilateral antar kedua negara sebagai "mitra strategis" dalam mempertahankan perdamaian dan stabilitas regional serta mempromosikan kerja sama global.

"Krisis COVID-19 tidak dapat mengalahkan hubungan kedua negara (Cina dan Korsel)," katanya kepada Kang di awal pertemuan, melalui seorang penerjemah. "Hubungan bilateral telah mampu mengatasi COVID-19 dan menunjukkan kekuatan yang lebih besar."

Kang berterima kasih kepada Wang atas kunjungan tersebut dan mengungkapkan harapan untuk bertukar pandangan serta memperdalam kerja sama dalam berbagai masalah termasuk nuklir Korea Utara, pandemi, hingga pemulihan ekonomi menjelang peringatan 30 tahun hubungan bilateral Cina-Korsel di tahun 2022.

"Saya juga menantikan pembahasan berbagai cara untuk menangani situasi yang berubah-ubah di semenanjung Korea dan mendorong kondisi stabil guna memajukan upaya kita dalam membangun perdamaian yang langgeng," katanya.

Batalnya Xi Jinping ke Seoul

Pembicaraan tersebut terjadi ketika kedua negara menjajaki kemungkinan Presiden Cina Xi Jinping mengunjungi Seoul. Namun perjalanan Xi yang semula diagendakan pada awal tahun ini harus ditunda akibat pandemi COVID-19.

Wang dijadwalkan bertemu dengan Presiden Moon Jae-in, di sela pertemuan dengan pejabat lainnya.

Wang menjadi diplomat senior Cina kedua yang mengunjungi Korsel sejak virus corona merebak di Cina akhir tahun 2019. Sebelumnya ada Yang Jiechi, anggota Politbiro Partai Komunis yang berkunjung ke Seoul pada Agustus lalu.

ha/pkp (Reuters)

(ita/ita)