International Updates

Xi Jinping Beri Selamat ke Biden, Trump Tetap Tolak Kemenangan Biden

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 17:56 WIB
In this photo released by Chinas Xinhua News Agency, Chinese President Xi Jinping speaks during an event to commemorate the 40th anniversary of the establishment of the Shenzhen Special Economic Zone in Shenzhen in southern Chinas Guangdong Province, Wednesday, Oct. 14, 2020. President Xi Jinping promised Wednesday new steps to back development of Chinas biggest tech center, Shenzhen, amid a feud with Washington that has disrupted access to U.S. technology and is fueling ambitions to create Chinese providers. (Zhang Ling/Xinhua via AP)
Presiden China Xi Jinping (Foto: Zhang Ling/Xinhua via AP)
Jakarta -

Presiden China Xi Jinping memberi selamat kepada Joe Biden usai memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat. Dia menyuarakan harapannya agar kedua negara dapat mempromosikan perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil.

Dilansir dari Reuters, Kamis (26/11/2020) hubungan China-AS telah memburuk ke kondisi terburuknya dalam beberapa dekade selama empat tahun masa jabatan Presiden AS Donald Trump. AS dan China kerap berselisih mulai dari masalah perdagangan, teknologi hingga soal Hong Kong dan virus Corona.

Dalam pesan ucapan selamatnya kepada Biden, kantor berita Xinhua melaporkan bahwa Xi mengatakan hubungan yang sehat antara dua negara dengan ekonomi terbesar dunia tersebut tidak hanya untuk kepentingan fundamental kedua bangsa mereka, tetapi juga diharapkan oleh komunitas internasional.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (26/11/2020):

- Transisi Dimulai, Trump Masih Tetap Tolak Kemenangan Biden

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, kembali melontarkan klaim tak berdasar bahwa dirinya memenangkan pilpres AS 2020. Trump masih menolak untuk menerima kemenangan Presiden terpilih AS, Joe Biden, meskipun proses transisi kekuasaan telah dimulai.

"Ini pemilihan yang kita menangkan dengan mudah. Kita menang banyak," ucap Trump mendeklarasikan kemenangannya dalam acara yang digelar Partai Republik Pennsylvania di sebuah hotel di Gettysburg, Pennsylvania, seperti dilansir Associated Press, Kamis (26/11/2020).

Faktanya, Trump kalah atas Biden dalam pilpres di Pennsylvania, dengan selisih 81 ribu suara. Otoritas negara bagian Pennsylvania bahkan baru saja mengesahkan kemenangan Biden di wilayahnya pada Selasa (24/11) waktu setempat.

- Penunjukan Wanita Keturunan Palestina Jadi Penasihat Gedung Putih Dikritik

Penunjukan wanita keturunan Palestina, Reema Dodin, sebagai salah satu penasihat Gedung Putih oleh Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menuai kritikan. Komentar masa lalu soal bom bunuh diri warga Palestina yang dilontarkan Dodin saat dia masih menjadi mahasiswa diungkit kembali.

Seperti dilansir media AS, Fox News dan media Israel, Haaretz, Kamis (26/11/2020), kritikan untuk Dodin datang dari para blogger dan media yang beraliran sayap kanan, juga kelompok advokasi Israel. Kebanyakan pengkritik mengungkit pernyataan yang disampaikan Dodin 18 tahun lalu, saat dia masih menjadi mahasiswi.

Diketahui bahwa Dodin pernah mengomentari soal aksi bom bunuh diri warga Palestina saat Intifada Kedua tahun 2002 lalu. Saat itu Dodin masih menjadi mahasiswa di Universitas California di Berkeley. Dia juga diketahui ikut bergabung dalam unjuk rasa mendukung Palestina.

- Biden Tunjuk Wanita Keturunan Palestina Jadi Penasihat Gedung Putih

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menunjuk seorang wanita keturunan Palestina sebagai salah satu penasihat Gedung Putih. Wanita bernama Reema Dodin itu ditunjuk menjadi Wakil Direktur Kantor Urusan Legislatif pada Gedung Putih.

Seperti dilansir Associated Press dan Anadolu Agency, Kamis (26/11/2020), penunjukan Dodin diumumkan pada Senin (23/11) waktu setempat. Dodin akan menjabat sebagai Wakil Direktur Kantor Urusan Legislatif pada Gedung Putih bersama satu orang lainnya yang bernama Shuwanza Goff.

Selanjutnya
Halaman
1 2