International Updates

Menteri Israel Benarkan Netanyahu Bertemu MBS, Rusia Usir Kapal Perang AS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 17:45 WIB
Putra mahkota Arab Saudi dituduh terlibat plot pembunuhan di Kanada
Putra Mahkota Arab Saudi (Foto: BBC World)
Jakarta -

Seorang menteri Israel membenarkan bahwa Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu berkunjung ke Arab Saudi dan bertemu Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Ini menjadi konfirmasi pertama dari pejabat tinggi Israel terkait kunjungan yang dilakukan secara diam-diam ini.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (24/11/2020), kunjungan diam-diam itu awalnya dilaporkan oleh media lokal Israel yang menyebut Netanyahu terbang ke Neom, Saudi pada Minggu (22/11) waktu setempat untuk berbicara dengan Pangeran Mohammed bin Salman dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo.

Laporan soal pertemuan itu dibantah oleh Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud. "Saya bertemu Pompeo di bandara dan pergi bersamanya ke pertemuan. Saya kemudian mengantarnya kembali ke bandara. Para pejabat Saudi dan Amerika merupakan yang satu-satunya hadir," tegasnya.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (24/11/2020):

- Gedung Putih Akan Gelar Pesta Saat Warga AS Diimbau Tetap di Rumah

Gedung Putih di Amerika Serikat (AS) akan menggelar pesta di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) yang masih merajalela. Ironisnya, pesta ini akan digelar saat kebanyakan warga AS diimbau tetap berada di rumah dan membatalkan acara kumpul-kumpul saat liburan Thanksgiving juga Natal dan Tahun Baru.

Seperti dilansir ABC News, Selasa (24/11/2020), pesta di Gedung Putih ini akan digelar pada akhir bulan ini, sesaat setelah liburan Thanksgiving yang mungkin akan memicu lonjakan baru kasus Corona di AS. ABC News mendapatkan undang untuk pesta resepsi liburan di Gedung Putih pada 30 November mendatang.

Diketahui bahwa Gedung Putih biasanya menggelar serangkaian pesta liburan dalam beberapa pekan sebelum Natal, Hanukkah dan Kwanzaa, yang secara tradisi akan digelar di lantai pertama gedung tersebut, atau disebut State Floor, dengan para tamu bebas berkeliaran di ruangan-ruangan yang didekorasi khusus.

- Penembakan di Perbatasan Malaysia-Thailand, Satu Orang Tewas

Seorang anggota Pasukan Operasi Umum (GOF), yang merupakan satuan paramiliter jajaran Kepolisian Kerajaan Malaysia, ditembak mati. Dia ditembak saat bertugas di pos perbatasan Malaysia-Thailand.

Dilansir dari The Star, Selasa (24/11/2020) selain satu anggota GOF yang tewas, ada juga satu rekan patrolinya yang terluka parah. Mereka ditembak saat bertugas di pos perbatasan Malaysia-Thailand.

Kpl Baharuddin Ramli (54) tewas di tempat kejadian sementara Kpl Norihan Tari (39) dalam kondisi kritis akibat insiden pukul 03.00 waktu setempat pada Selasa (24/11) di pos TS9 di sepanjang perbatasan.

Keduanya berasal dari Batalyon 3 GOF Bidor.

- Serangan Rudal Houthi Kenai Fasilitas Minyak Arab Saudi

Pemberontak Houthi di Yaman mengklaim serangan rudalnya mengenai sebuah fasilitas minyak Arab Saudi di kota pelabuhan Jeddah. Serangan ini dilancarkan beberapa saat setelah Saudi selesai menjadi tuan rumah KTT G20.

Selanjutnya
Halaman
1 2