Gedung Putih Akan Gelar Pesta Saat Warga AS Diimbau Tetap di Rumah

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 10:20 WIB
First lady Melania Trump stands next to the 2020 Official White House Christmas tree as it is presented on the North Portico of the White House, Monday, Nov. 23, 2020, in Washington. (AP Photo/Andrew Harnik)
Melania Trump saat menerima pohon Natal resmi untuk Gedung Putih (AP Photo/Andrew Harnik)
Washington DC -

Gedung Putih di Amerika Serikat (AS) akan menggelar pesta di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) yang masih merajalela. Ironisnya, pesta ini akan digelar saat kebanyakan warga AS diimbau tetap berada di rumah dan membatalkan acara kumpul-kumpul saat liburan Thanksgiving juga Natal dan Tahun Baru.

Seperti dilansir ABC News, Selasa (24/11/2020), pesta di Gedung Putih ini akan digelar pada akhir bulan ini, sesaat setelah liburan Thanksgiving yang mungkin akan memicu lonjakan baru kasus Corona di AS. ABC News mendapatkan undang untuk pesta resepsi liburan di Gedung Putih pada 30 November mendatang.

Diketahui bahwa Gedung Putih biasanya menggelar serangkaian pesta liburan dalam beberapa pekan sebelum Natal, Hanukkah dan Kwanzaa, yang secara tradisi akan digelar di lantai pertama gedung tersebut, atau disebut State Floor, dengan para tamu bebas berkeliaran di ruangan-ruangan yang didekorasi khusus.

Otoritas kesehatan publik AS sebelumnya memperingatkan bahwa acara perkumpulan indoor dan dihadiri banyak orang saat masa liburan musim dingin bisa memicu lonjakan kasus hingga berujung kematian. Virus Corona diketahui telah menewaskan lebih dari seperempat juta orang di berbagai wilayah AS.

Stephanie Grisham, selaku kepala Staf dan juru bicara Ibu Negara AS, Melania Trump, menuturkan bahwa acara pesta di Gedung Putih akan digelar dalam 'situasi seaman mungkin' dan menekankan bahwa serangkaian langkah pencegahan akan diterapkan.

Namun tetap saja pesta semacam ini bertentangan dengan peringatan pemerintah AS soal acara perkumpulan massal meskipun digelar sebagian secara indoor.

Untuk acara kumpul-kumpul Thanksgiving, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa 'pilihan teraman' adalah merayakan 'secara virtual atau dengan orang-orang yang tinggal bersama Anda'. Jika terpaksa harus menggelar acara perkumpulan, CDC menyarankan acara itu digelar secara outdoor dan jumlah tamu dibatasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2