International Updates

Arab Saudi Kecam Karikatur Nabi, Prancis Minta Warganya di RI Waspada

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 18:59 WIB
A Saudi Arabian flag flies on Saudi Arabias consulate in Istanbul on October 4, 2018. - Jamal Khashoggi, a veteran Saudi journalist who has been critical towards the Saudi government has gone missing after visiting the kingdoms consulate in Istanbul on October 2, 2018, the Washington Post reported. (Photo by OZAN KOSE / AFP)
Ilustrasi (AFP/OZAN KOSE)
Jakarta -

Arab Saudi mengecam publikasi karikatur Nabi Muhammad yang menyinggung umat Muslim. Sementara otoritas Prancis mengimbau warganya di negara-negara mayoritas Muslim, termasuk Indonesia, untuk waspada di tengah maraknya protes atas karikatur Nabi Muhammad.

Kerajaan Saudi juga mengecam segala bentuk tindakan teroris dan menyerukan agar kebebasan intelektual dan budaya bertujuan untuk mempromosikan rasa hormat, toleransi dan perdamaian.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Prancis mengimbau warganya di negara-negara mayoritas Muslim untuk mengambil tindakan pencegahan dan keamanan ekstra dengan adanya gelombang kemarahan atas karikatur Nabi Muhammad.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (27/10/2020):

- Cetak Rekor Tertinggi, Malaysia Catat 1.240 Kasus Corona Sehari

Penularan kasus virus Corona (COVID-19) di Malaysia masih terus meningkat. Otoritas Malaysia melaporkan 1.240 kasus Corona dalam sehari, yang mencetak rekor sebagai tambahan kasus harian tertinggi selama pandemi Corona merajalela di negara ini.

Seperti dilansir kantor berita Bernama, Selasa (27/10/2020), Direktur Jenderal (Dirjen) Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, dalam pengumuman pada Senin (26/10) waktu setempat melaporkan bahwa 1.240 kasus Corona tercatat dalam 24 jam terakhir.

Angka tersebut mencetak rekor baru untuk tambahan kasus Corona harian tertinggi yang pernah tercatat di wilayah Malaysia.

- Senat AS Loloskan Amy Coney Barrett Jadi Hakim Agung Terbaru

Senat Amerika Serikat (AS) meloloskan hakim konservatif Amy Coney Barrett yang dicalonkan Presiden Donald Trump, menjadi hakim agung terbaru untuk Mahkamah Agung AS. Barrett berhasil mendapatkan dukungan mayoritas dalam voting yang baru saja digelar oleh para Senator AS.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Selasa (27/10/2020), voting untuk menetapkan Barrett menjadi hakim agung digelar oleh Senat AS pada Senin (26/10) waktu setempat. Hasilnya menunjukkan 52 suara mendukung Barrett dan 48 suara menolaknya.

Hasil tersebut tampaknya sejalan dengan garis Partai Republik yang kini menguasai Senat AS. Para politikus Republikan memberikan tepuk tangan saat hasil voting diumumkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2