Senat AS Loloskan Amy Coney Barrett Jadi Hakim Agung Terbaru

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 08:23 WIB
Supreme Court nominee Amy Coney Barrett, meets with Sen. Martha McSally, R-Ariz., Wednesday, Oct. 21, 2020, on Capitol Hill in Washington. (Greg Nash/Pool via AP)
Amy Coney Barrett (Greg Nash/Pool via AP)
Washington DC -

Senat Amerika Serikat (AS) meloloskan hakim konservatif Amy Coney Barrett yang dicalonkan Presiden Donald Trump, menjadi hakim agung terbaru untuk Mahkamah Agung AS. Barrett berhasil mendapatkan dukungan mayoritas dalam voting yang baru saja digelar oleh para Senator AS.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Selasa (27/10/2020), voting untuk menetapkan Barrett menjadi hakim agung digelar oleh Senat AS pada Senin (26/10) waktu setempat. Hasilnya menunjukkan 52 suara mendukung Barrett dan 48 suara menolaknya.

Hasil tersebut tampaknya sejalan dengan garis Partai Republik yang kini menguasai Senat AS. Para politikus Republikan memberikan tepuk tangan saat hasil voting diumumkan.

Pencalonan Barrett menjadi hakim agung ditentang oleh Partai Demokrat. Ketua Minoritas Senat AS, Chuck Schumer, dari Partai Demokrat menyebut Partai Republik telah 'membakar kredibilitasnya' dengan melanjutkan voting yang berdekatan dengan pemilihan presiden (pilpres) 3 November mendatang. Schumer menyinggung kiprah politikus Republikan yang memblokir kandidat yang dicalonkan Presiden Barack Obama tahun 2016 lalu.

"Sebenarnya, pencalonan ini adalah bagian dari upaya selama puluhan tahun untuk membuat peradilan condong ke arah paling kanan," cetusnya, merujuk pada aliran konservatif.

Menanggapi hal itu, Ketua Mayoritas Senat AS, Mitch McConnell, dari Partai Republik membela pencalonan Barrett. "Kami tidak memiliki keraguan apapun, jika situasinya berbalik, mereka juga akan mengonfirmasinya. Anda tidak bisa memenangkan semuanya, dan pemilu memiliki konsekuensi," ucapnya.

Dengan hasil voting tersebut, maka Barrett menjadi kandidat ketiga yang dicalonkan Trump yang lolos penetapan Senat AS. Dengan terpilihnya Barrett menjadi hakim agung, maka kini Mahkamah Agung AS didominasi oleh enam hakim agung yang beraliran konservatif dan tiga hakim agung beraliran liberal.

Gedung Putih dilaporkan akan menggelar perayaan setelah Barrett resmi diloloskan menjadi hakim agung.

(nvc/lir)