Round-Up

Hilang Jabatan Menteri Selandia Baru Usai Kisah Selingkuh Mengemuka

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 05:15 WIB
Ilustrasi Perselingkuhan
Foto: Ilustrasi perselingkuhan (dok. Denny Pratama)
Wellington -

Seorang menteri di kabinet pemerintah Selandia Baru kehilangan jabatannya karena kasus perselingkuhan. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern memecatnya Rabu (22/7/2020) waktu setempat ketika kasus ini mengemuka.

Kisah perselingkuhan ini mengemuka di tengah meningkatnya pengawasan terhadap perilaku anggota parlemen menjelang pemilihan umum pada bulan September mendatang.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/7/2020), Ardern memecat Menteri Imigrasi Iain Lees-Galloway setelah mengetahui bahwa dia berselingkuh dengan seorang mantan kolega yang bekerja di sebuah organisasi pemerintah. Perselingkuhan ini terbongkar setelah selingkuhannya itu melapor kepada Ardern.

Ardern mengatakan peran Lees-Galloway sebagai menteri yang mengawasi perilaku ketenagakerjaan, membuat posisinya itu tidak bisa dipertahankan.

"Menteri ini telah menunjukkan kurangnya penilaian selama 12 bulan - dalam melakukan hubungan ini, ia telah membuka diri terhadap tuduhan menyalahgunakan jabatannya," katanya kepada wartawan.

Ardern mengatakan dia tidak menjatuhkan penilaian moral atas Lees-Galloway. Namun, Ardern mengaku dirinya kecewa.

"Dia tidak mencontoh perilaku yang saya harapkan sebagai seorang menteri yang bertugas menetapkan standar dan budaya di tempat kerja," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2