PM Selandia Baru Pecat Menteri yang Ketahuan Selingkuh

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 12:05 WIB
New Zealands Prime Minister Jacinda Ardern (R) speaks during a joint press conference with the leader of the Neterlands at Government House in Auckland on October 8, 2019. (Photo by DAVID ROWLAND / AFP)
Foto: PM Selandia Baru Jacinda Ardern (DAVID ROWLAND/AFP)
Wellington -

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern memecat seorang menteri kabinet senior pada Rabu (22/7/2020) waktu setempat karena kasus perselingkuhannya. Menteri tersebut ketahuan berselingkuh dengan seorang mantan staf, di tengah meningkatnya pengawasan terhadap perilaku anggota parlemen menjelang pemilihan umum pada bulan September mendatang.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/7/2020), Ardern memecat Menteri Imigrasi Iain Lees-Galloway setelah mengetahui bahwa dia berselingkuh dengan seorang mantan kolega yang bekerja di sebuah organisasi pemerintah. Hal ini terbongkar setelah selingkuhannya itu melapor kepada Ardern.

Ardern mengatakan peran Lees-Galloway sebagai menteri yang mengawasi perilaku ketenagakerjaan, membuat posisinya itu tidak bisa dipertahankan.

"Menteri ini telah menunjukkan kurangnya penilaian selama 12 bulan - dalam melakukan hubungan ini, ia telah membuka diri terhadap tuduhan menyalahgunakan jabatannya," katanya kepada wartawan.

Ardern mengatakan dia tidak menjatuhkan penilaian moral atas Lees-Galloway. Namun, Ardern mengaku dirinya kecewa.

"Dia tidak mencontoh perilaku yang saya harapkan sebagai seorang menteri yang bertugas menetapkan standar dan budaya di tempat kerja," ujarnya.

Lees-Galloway, yang menikah dan memiliki tiga orang anak, mengeluarkan pernyataan singkat mengakui dia bertindak "benar-benar tidak tepat" dan meminta maaf karena mengecewakan keluarganya.

Tonton video 'Diduga Selingkuhi Istri Orang, Pria di Probolinggo Tewas Dibacok':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2