Tabrakan Kereta di Dekat Praha, Masinis Tewas dan Puluhan Penumpang Luka

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 15:18 WIB
Ilustrasi Kecelakaan
Foto: Thinkstock/assistantua
Praha -

Seorang masinis tewas dan puluhan penumpang terluka ketika sebuah kereta penumpang bertabrakan dengan kereta barang yang sedang berhenti di dekat Praha, Ceko.

"Sayangnya ... saya tahu ada satu yang meninggal," kata Menteri Transportasi Karel Havlicek kepada stasiun televisi Ceko Czech seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (15/7/2020).

Tim penyelamat mengatakan pria yang meninggal itu adalah masinis kereta penumpang, yang membawa lebih dari 100 penumpang.

"Dia ditemukan tak bernyawa di kabinnya yang rusak," tulis layanan penyelamatan regional di situs webnya.

Secara terpisah, Havlicek mengatakan kepada Czech Radio bahwa masinis itu kemungkinan besar mengabaikan lampu merah.

Kecelakaan itu terjadi pada Selasa (14/7) waktu setempat di dekat kota Cesky Brod, sekitar 30 kilometer (hampir 20 mil) timur Praha, di jalur rel kereta api sibuk yang menghubungkan ibukota dengan bagian timur negara itu.

Havlicek mengatakan bahwa di antara puluhan orang yang terluka, dua orang menderita luka-luka yang sangat serius.

Sementara tim penyelamat mengatakan delapan penumpang lain dengan cedera sangat serius dan 25 penumpang dengan cedera ringan dibawa ke rumah sakit.

Seminggu yang lalu, dua orang tewas dan puluhan lainnya terluka ketika kereta api regional mengalami kecelakaan di Republik Ceko bagian barat. Beberapa kecelakaan kecil lainnya telah dilaporkan di jalur rel kereta api Ceko selama seminggu terakhir.

(ita/ita)