Round-Up

Seruan PBB Dunia Kerja Sama Sebab Corona Bikin Tak Bisa Seperti Semula

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 20:01 WIB
Hadapi Krisis Corona, PBB Desak Penangguhan Utang Bagi Negara-Negara Termiskin
Foto: Kantor PBB (DW News)

"Ketika kita menandai Hari Piagam dan melihat ke depan, kita harus membayangkan kembali cara negara bekerja sama," ucap Guterres.

"Kita perlu membangun kembali dengan lebih baik dengan masyarakat dan ekonomi yang lebih berkelanjutan, inklusif, setara gender," tambahnya.

Prioritas di tengah pandemi COVID-19 menurutnya adalah memastikan akses universal ke layanan kesehatan, memperketat ikatan antara manusia dan negara, dan memikirkan kembali ekonomi global untuk mengurangi ketidaksetaraan.

Guterres mengatakan dia berharap bahwa lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB yakni Amerika Serikat, Cina, Rusia, Prancis dan Inggris dapat bertemu pada bulan September untuk meredakan konflik.

WHO Belum Bisa Memastikan Kapan Vaksin Corona Ditemukan

Sementara itu, upaya para ilmuwan untuk bisa membuat vaksin Corona yang efektif masih belum pasti, bahkan bisa memakan waktu hingga satu tahun. Hal ini disampaikan langsung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berada di bawah PBB.

Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (26/6/2020) Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan hal ini saat berbicara melalui konferensi video di hadapan para wakil dari komite kesehatan Parlemen Eropa.

Dia mengatakan bahwa jika vaksin seperti itu menjadi kenyataan, itu harus menjadi barang publik yang tersedia untuk semua.

"Akan sangat sulit untuk mengatakan dengan pasti bahwa kita akan memiliki vaksin," kata Tedros.

"Kita belum pernah memiliki vaksin untuk Corona. Jadi ini, ketika ditemukan, diharapkan bahwa itu akan ditemukan, itu akan menjadi yang pertama," lanjutnya.

Dia mengatakan WHO sudah memiliki lebih dari 100 kandidat untuk vaksin yang berada pada tahap pengembangan lanjut.

"Berharap bahwa akan ada vaksin, perkiraannya adalah kita mungkin memiliki vaksin dalam satu tahun. Jika dipercepat, bisa jadi bahkan kurang dari itu, tetapi dalam beberapa bulan. Itulah yang dikatakan para ilmuwan," ujar Tedros.

Halaman

(rdp/rdp)