Grafiti-grafiti Teori Konspirasi Yahudi dan 9/11 Muncul di London

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 30 Des 2019 03:15 WIB
Grafiti antisemitisme di London (gambar viral di medsos, via CNN)
London - Muncul grafiti-grafiti berbau teori konspirasi di London, Inggris. Grafiti itu bernuansa anti-Yahudi (antisemitisme) dan dinyatakan 'kejahatan bermotif kebencian ras'.

Dilansir AFP, Senin (30/12/2019), grafiti itu berwujud coretan-coretan terhadap simbol umat Yahudi disertai angka 9 11, di area Taman Belsize dan Hampstead. Coretan-coretan itu sudah muncul sejak Sabtu (28/12) malam.



Grafiti itu merujuk pada teori konspirasi antisemitisme yang menyatakan bahwa Yahudi bertanggung jawab atas serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat. Polisi setempat kini tengah menginvestigasi.

Grafiti ini ditemukan lima jam setelah terjadi serangan penikaman di rumah seorang rabbi Yahudi, di New York, AS. Gubernur setempat telah menyatakan itu merupakan aksi terorisme dan terjadi saat perayaah Hanukkah umat Yahudi. Polisi London juga menyatakan hal serupa terkait grafiti-grafiti yang muncul di wilayahnya.



"Ini jelas suatu insiden yang memprihatinkan dan kita anggap serius," kata Inspektur Kev Hailes dari Polisi Metropolitan London.

"Kami telah menghubungi rekan-rekan kami untuk menghapus grafiti dan penyelidikan sedang dilakukan untuk mencari tahu siapa yang melakukan ini. Polisi akan berpatroli di seluruh area untuk menyediakan rasa aman ke masyarakat lokal," kata dia.
selanjutnya
Halaman

(dnu/dnu)