Giring Temui Siswa SDN Pocin 1 yang Bakal Digusur Pemkot Depok

ADVERTISEMENT

Giring Temui Siswa SDN Pocin 1 yang Bakal Digusur Pemkot Depok

Devi Puspitasari - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 13:18 WIB
Giring mengunjungi SDN Pocin 1 Depok (Devi Puspitasari/detikcom)
Foto: Giring mengunjungi SDN Pocin 1 Depok (Devi Puspitasari/detikcom)
Depok -

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha mengunjungi para siswa SDN Pocin 1 yang sekolahnya bakal digusur Pemkot Depok. Giring menyempatkan diri mengecek kelas dan bernyanyi bersama siswa.

"Saya datang untuk melihat langsung situasi di SDN Pocin 1 yang mau digusur oleh Pemkot Depok," kata Ketua PSI Giring Ganesha kepada wartawan, di SDN Pondok Cina 1, Jumat (9/12/2022).

Pantauan detikcom di SDN Pocin 1, Jumat (9/12), terlihat kedatangan Giring disambut meriah oleh siswa, orang tua murid dan relawan. Giring lalu melihat kondisi kelas satu per satu bersama para siswa.

Setelah itu, Giring menyanyikan dua lagu berjudul Laskar Pelangi dan Hapus Aku. Siswa, orang tua siswa dan juga relawan bernyanyi bersama Giring di lapangan sekolah SDN Pocin 1.

Giring mengunjungi SDN Pocin 1 Depok (Devi Puspitasari/detikcom)Foto: Giring mengunjungi SDN Pocin 1 Depok (Devi Puspitasari/detikcom)

Di kesempatan yang sama, Giring menyampaikan imbauan kepada Pemkot Depok. Giring meminta Pemkot Depok menyediakan terlebih dahulu gedung sekolah pengganti sebelum menggusur SDN Pocin 1.

"Saya mengulangi imbauan dari para orang tua siswa dan teman-teman relawan, Pemkot Depok silakan menyediakan terlebih dulu gedung sekolah pengganti yang representatif sebelum menggusur SDN Pocin 1," jelas Giring.

Giring mendapatkan informasi siswa SDN Pocin 1 belajar di ruangan kelas di SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5 yang sudah penuh. Perlu diketahui, pemindahan kedua sekolah tersebut sebelumnya merupakan solusi Pemkot Depok dalam proses relokasi sekolah menjadi masjid.

"Saya mendengar kabar dari orang tua, murid dan relawan, para siswa SDN Pondok Cina 1 diminta pindah ke sekolah yang kapasistasnya sudah over. Anak-anak kita ini berhak memperoleh tempat belajar yang aman dan nyaman," ucap Giring.

Giring berharap Pemkot Depok dapat mencari solusi atas polemik SDN Pocin 1 tersebut.

Setelah selesai menyapa siswa dan ortu murid, Giring juga ikut menandatangani spanduk yang berisikan tanda tangan penolakan relokasi siswa SDN Pocin 1. Pada bagian atas spanduk, tertulis 'Menolak Sekolah Numpang'.


Polemik SDN Pocin 1 Diganti Masjid

Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pocin 1 hingga hari ini. Siswa SDN Pocin 1 dipaksa angkat kaki pada pekan selanjutnya. Pada Senin (12/12) siswa diharuskan 'angkat kaki' dari SDN Pocin 1 untuk pindah ke sekolah lain.

Rencana relokasi SDN Pocin 1 karena di lahan tersebut akan dibangun masjid ramai dikritik oleh anggota DPRD Kota Depok hingga sejarawan. Meski begitu, Pemkot Depok tetap menjalankan rencana tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan lokasi masjid raya bisa dipindah jika polemik lahan SDN Pocin 1 belum beres. Dia juga meluruskan berita yang menyebut rencana pembangunan masjid di lahan SDN Pocin 1 merupakan perintah dirinya selaku Gubernur Jabar.

"Pemerintah Provinsi Jabar kapasitasnya hanya menampung aspirasi daerah. Mau alun-alun silakan, mau pariwisata, gedung kesenian, maupun masjid/rumah ibadah, silakan," kata RK dalam akun Instagramnya seperti dilihat, Kamis (17/11).

Lihat video 'Viral Revitalisasi Trotoar Blokir Akses SDN 1 Pocin Depok':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT