HUT Ke-73 Polda Metro, Irjen Fadil Blusukan ke Lapak Pemulung Kalijati

ADVERTISEMENT

HUT Ke-73 Polda Metro, Irjen Fadil Blusukan ke Lapak Pemulung Kalijati

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 12:11 WIB
HUT ke-73 Polda Metro Jaya menggelar bakti kesehatan di lapak pemulung Kalijati, Jaksel.
HUT ke-73 Polda Metro Jaya menggelar bakti kesehatan di lapak pemulung Kalijati, Jaksel. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar acara bhakti kesehatan untuk warga pemulung di lapak pemulung, Kalijati, Cilandak, Jakarta Selatan (Jaksel). Acara itu digelar dalam rangka rangkaian perayaan HUT ke 73 Polda Metro Jaya.

"Hari ini ada bhakti kesehatan dari rangkaian bhakti Polda Metro Jaya menyambut ulang tahun yang ke 73, mudah-mudahan ini bermanfaat," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan di Lapak Pemulung, Kalijati, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2022).

Fadil Imran mengatakan ada sejumlah layanan kesehatan yang dapat dinikmati warga pemulung di Kalijati tersebut. Di antaranya layanan kesehatan gigi, pengobatan umum, khitanan masal, vaksinasi, serta edukasi tentang kesehatan.

"Sebagai informasi rekan-rekan di sini ada pengobatan gigi, kita bawa dengan perlengkapan lengkap mobil poligigi, lengkap seperti di poliklinik gigi pada umumnya, peralatan lengkap, kemudian di depan ada edukasi tentang bagaimana kesehatan mulut dan gigi, anak-anak usia dini kita ajari, di depan lagi ada khitanan masal, ada pengobatan umum, kemudian ada perbaikan rumah penyuluhan kreatif bersama relawan dan juga ada vaksinasi," tuturnya.

HUT ke-73 Polda Metro Jaya menggelar bakti kesehatan di lapak pemulung Kalijati, Jaksel.HUT ke-73 Polda Metro Jaya menggelar bakti kesehatan di lapak pemulung Kalijati, Jaksel. (Mulia Budi/detikcom)

Dia mengatakan pihaknya juga memberikan bantuan sembako bagi warga dalam acara tersebut. Dia berharap layanan kesehatan ini dapat bermanfaat bagi warga di Lapak Pemulung Kalijati.

"Juga di belakang kita ada pembagian sembako kepada masyarakat di Pinang, Kalijati ini. Kita berbagi sejenak semoga saudara-saudara kita yang memang hidupnya setiap hari berprofesi sebagai pengumpul dan pemulung sampah masyarakat. Mudah-mudahan semoga semuanya apa yang kita kerjakan ini, di samping mendapat nilai ibadah juga polisi-polisi semakin dekat dengan masyarakat," ujarnya.

Kapolda Dengar Keluhan Warga

Selain itu, Fadil mengatakan pihaknya akan turun ke setiap RW secara serentak nanti malam. Dia menuturkan hal itu dilakukan untuk menyerap keluh kesah masyarakat secara langsung.

"Nanti malam lagi kami akan turun secara serentak ke seluruh RW, RW untuk menyerap ya menyerap apa yang menjadi keluh kesah, apa yang menjadi persoalan masyarakat untuk kita pecahkan bersama, tentunya polisi tidak bergerak sendiri," ujarnya.

"Kita bergerak bersama dengan pemerintah daerah sampai ke tingkat bawah pemerintah daerah dengan Kodam Jaya sampai ke tingkat bawah, ya lurah, camat, danramil, babinsa, RW, ibu-ibu dasawisma tadi, jumantik semua tadi kita ikutkan termasuk relawan, ini yang ingin kita bangun, Jakarta ini adalah kampung, Jakarta ini kampung juga seperti kampung-kampung kita di tempat asal kita," sambungnya.

HUT ke-73 Polda Metro Jaya menggelar bakti kesehatan di lapak pemulung Kalijati, Jaksel.Pemulung di Kalijati, Jaksel, mendapatkan layanan kesehatan hingga bantuan sembako di HUT ke-73 Polda Metro Jaya. (Mulia Budi/detikcom)

Kemudian, Fadil mengatakan turun ke lapangan dan bertemu masyarakat secara langsung merupakan salah satu contoh sikap melayani. Dia menyebut polisi harus memberikan layanan kesehatan, pendidikan dan terutama dalam keamanan.

"Inilah wujud polisi melayani, saya ingin memberikan contoh apa itu melayani. Melayani itu ya seperti ini, turun, lalu memberikan layanan kepada masyarakat, layanan kesehatan, layanan pendidikan yang tentu yang utama adalah layanan keamanan atau kamtibmas dengan sering turun ke lapangan melihat kondisi real seperti ini, polisi memiliki empati," ujar Fadil.

Lebih lanjut, Fadil juga meminta doa agar Polda Metro Jaya menjadi lebih baik dalam melayani dan melindungi masyarakat.

"Kami minta doa masyarakat supaya Polda Metro Jaya semakin baik ke depan, supaya terus melindungi, mengayomi, melayani masyarakat," pungkasnya.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT