Polda Metro Kirimkan Puluhan Relawan Bantu Korban Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

Polda Metro Kirimkan Puluhan Relawan Bantu Korban Gempa Cianjur

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 13:40 WIB
Polda Metr melepas puluhan relawan untuk membantu pemulihan korban pascagempa Cianjur.
Polda Metro melepas puluhan relawan untuk membantu pemulihan korban pascagempa Cianjur. (Rizky Adha Mahedra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengirimkan sejumlah relawan ke lokasi gempa di Cianjur, Jawa Barat. Relawan medis dan nonmedis ini akan membantu penanganan medis hingga men-support bantuan untuk dapur umum.

"Bhayangkari Polda Metro Jaya hadir untuk masyarakat Cianjur. Sebanyak 25 relawan, relawan medis dan nonmedis akan membantu beban dan merangkul masyarakat Cianjur. Rencananya teman-teman relawan dari 'Siap Bergerak' akan memberikan bantuan di bidang kesehatan, operasional, dapur umum, serta bidang distribusi," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Mapolda Metro Jaya, Senin (28/11/2022).

Relawan 'Siap Bergerak' bersama Bhayangkari Cabang Polda Metro Jaya akan membantu penanganan korban pascagempa. Pelepasan relawan dihadiri sejumlah pejabat utama Polda Metro Jaya, di antaranya Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

Fadil Imran mengatakan fokus saat ini adalah untuk mengatasi masalah trauma pascagempa. Pihaknya juga memberi perhatian pada proses pemulihan materiil.

"Sekarang fokus permasalahan yang kami utamakan adalah post traumatic stress disorder dan trauma healing untuk masyarakat Cianjur. Tentunya rehabilitasi, baik dari sisi materiil dan moril masyarakat, membutuhkan waktu dan proses mengembalikannya seperti sediakala. Baik dari relawan medis dan nonmedis semua akan berkumpul menjadi satu berkumpul dalam posko," ujarnya.

Polda Metro juga mengirim bantuan logistik untuk korban gempa Cianjur. Selain itu, kebutuhan air bersih dan listrik dikirimkan.

"Adapun tambahan logistik ini antara lain makanan pokok, alat kebutuhan MCK, alat kebutuhan ibadah, perkakas kelistrikan, kasur flat bed, dan tangki air portabel," ucapnya.

Sebelumnya juga pihak Polda Metro Jaya telah mengirim bantuan logistik. Pengiriman bantuan tersebut nantinya akan berlanjut. Fadil mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang telah bersedia membantu.

"Terima kasih saya ucapkan kepada teman-teman relawan, yang kalau saya tidak batasi jumlahnya sangat banyak. Jadi nanti akan kami kirim secara bergelombang saja sesuai dengan akomodasi, sesuai dengan yang ada di posko yang ada di RS Bhayangkara di Cianjur. Mereka akan bertugas secara sif seminggu nanti akan dikirim kembali," pungkas Fadil.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT