HUT Ke-73 Polda Metro Digelar Sederhana, Kapolda Beri Pesan Ini ke Anggota

ADVERTISEMENT

HUT Ke-73 Polda Metro Digelar Sederhana, Kapolda Beri Pesan Ini ke Anggota

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 18:41 WIB
Polda Metro Jaya menggelar peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 secara sederhana. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memberi sejumlah pesan kepada anggota. (Wildan N/detikcom)
Polda Metro Jaya menggelar peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 secara sederhana. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memberi sejumlah pesan kepada anggota. (Wildan N/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 secara sederhana. Acara yang awalnya hendak digelar di lapangan, dipindah ke lobi gedung Promotor Polda Metro Jaya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan format acara diubah dua hari sebelum digelar. Dia mengatakan perubahan acara dilakukan untuk memaknai kesederhanaan.

"Dengan bangga mengucapkan selamat ulang tahun ke-73. Dua hari yang lalu saya memutuskan untuk mengubah format acara dan rangkaian acara. Dari lapangan besar saya minta untuk dipindahkan ke lobi. Ada sebuah makna di balik keputusan itu, saya mengambil hikmah dari sebuah kesederhanaan kepedulian dan ketulusan," kata Fadil di lokasi, Selasa (6/12/2022).

Fadil mengatakan seremonial bukan hal terpenting dalam peringatan HUT ke-73 Polda Metro Jaya. Dia mengatakan ada makna yang harus dipetik dari bertambahnya usia Polda Metro Jaya.

"Hati dan nilai itu selalu bergandengan beriringan. Kita ingin sederhana tapi value-nya itu. Demikian pula dengan sikap disiplin, sederhana itu bukan berarti tidak esensial dan tidak substansi," ujarnya.

Pesan Kapolda untuk Anggota

Dia meminta seluruh personel saling memberikan inspirasi dan saling mendukung satu sama lain demi terciptanya soliditas di tubuh Polri. Fadil juga meminta anggotanya bersikap sederhana dan rendah hati baik dalam menjalankan tugas maupun di luar menjalankan tugas.

"Dalam Panji Polda Metro Jaya tertulis Jaya Dharma Sevaka. Momentum ini kita jadikan untuk saling memberikan inspirasi memberikan apresiasi dan saling support. Iklim dan suasana harus terbangun supaya kita bisa solid," kata Fadil.

Dia berpesan kepada anggota agar tak mempersulit dalam melayani masyarakat. Menurutnya, hal itu selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat dirinya bersama kapolda dan kapolres se-Indonesia dikumpulkan di Istana Negara beberapa waktu lalu.

"Pada waktu kita mendapatkan arahan dari Bapak Presiden di Istana hari Jumat, saya bersama seluruh kapolda, beliau hanya ingin coba polisi ini nggak usah jelimet-jelimet, melindungi dan mengayomi itu seperti apa," katanya.

Fadil menginstruksikan kepada jajaran untuk maksimal dalam mengemban tugas sebagai anggota Polri, terutama dalam hal melindungi, melayani, dan juga mengayomi masyarakat. Fadil meminta agar anggotanya tak pilih-pilih saat menolong masyarakat.

"Melindungi itu apa? Melindungi dari preman melindungi dari bandar narkoba, bukan sebaliknya polisi temannya bandar narkoba. Mengayomi kalau polisi datang masyarakat adem tenang tentram. Melayani itu harus dengan hati harus dengan ketulusan. Melayaninya apa masyarakat yang butuh pertolongan. Pertolongan apa? Bukan hanya sektor kamtibmas tapi semua bidang, kesehatan pendidikan. Itu yang sering kita lupakan," jelasnya.

Dalam paparannya, Fadil juga menekankan soal kinerja Polda Metro Jaya dalam melayani dan mengayomi masyarakat. Dia berharap jajaran personel bisa memaksimalkan kinerjanya dalam membantu masyarakat.

"Saya berharap polisi Polda Metro Jaya berperan terus meresapi, menghayati, mengamalkan, dimulai dari pada unsur pimpinan tentang makna menjadi polisi yang melindungi melayani. Akhir kata, jangan pernah lelah dan gundah untuk terus melayani mengayomi dan melindungi serta terus berbakti kepada negeri," ujarnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan perayaan ulang tahun kali ini diharapkan bisa menjadi momentum personel untuk lebih sensitif dalam menyikapi laporan masyarakat.

"Dengan tajuk Bhakti Polda Metro Jaya ini diharapkan bisa terus melindungi melayani dan mengayomi masyarakat," kata Zulpan.

"Kemudian ini diartikan sebagai momentum Polda Metro Jaya untuk membuka mata, membuka hati, dan lebih sensitif kepada lingkungan sekitarnya," imbuhnya.

(wnv/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT