Firli: Penyelidikan Formula E Tetap Jalan, Tak Terganggu Kekuasaan Mana Pun

ADVERTISEMENT

Firli: Penyelidikan Formula E Tetap Jalan, Tak Terganggu Kekuasaan Mana Pun

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 11:58 WIB
Proses pelantikan 1.271 pegawai KPK jadi ASN curi perhatian publik. Ketua KPK Firli Bahuri pun angkat suara terkait proses pelantikan para pegawai KPK tersebut.
Ketua KPK Firli Bahuri. (Andhika Prasetia/Detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri bicara soal perkembangan penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E Jakarta. Firli menegaskan penyelidikan tetap berjalan.

"Penyelidikan Formula E tetap jalan, tidak pernah terganggu. Karena pada prinsip kerja KPK, KPK tidak pernah terganggu dengan kekuasaan manapun, itu undang-undang menyebutkan," kata Firli Bahuri menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Kamis (8/12/2022) dini hari.

Dia memastikan KPK selaku lembaga yang berada dalam tatanan rumpun eksekutif dalam pelaksanaan wewenang dan tugasnya tidak pernah terpengaruh oleh pihak mana pun, termasuk oleh kegiatan apa pun. Firli menyampaikan kerja KPK merupakan penegakan hukum.

"Jadi tidak ada pengaruh dengan hal-hal, kegiatan-kegiatan lain. Karena pada prinsipnya apa yang dilakukan KPK, apa yang terjadi di KPK adalah penegakan hukum," jelas dia.

Namun, Firli enggan menyampaikan perkembangan lanjutan penyelidikan tersebut. Dia hanya memastikan bakal mengungkap perkara pada waktunya.

"Kalau masalah perkembangannya, nanti kita akan sampaikan pada waktunya, tidak sekarang," tutup Firli.

Firli menegaskan KPK tidak pernah menargetkan seseorang untuk menjadi tersangka. KPK, lanjut Firlu, bekerja sesuai kepastian hukum, transparan, hingga menjunjung tinggi HAM.

"Karena itu KPK tidak akan pernah menersangkakan seseorang kecuali seseorang tersebut karena perbuatannya dan atau keadaannya, berdasarkan bukti permulaan, patut diduga sebagai atau selaku tindak pidana. Jadi KPK tidak pernah menarget seseorang untuk jadi tersangka, tidak ada. itu yang harus dipastikan itu," ujar Firli.

Penyelidikan Dugaan Korupsi Terkait Formula E

KPK memang sedang melakukan penyelidikan dugaan korupsi terkait Formula E Jakarta. Penyelidikan itu dilakukan atas dasar aduan dari masyarakat.

Atas dasar laporan dari masyarakat, KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi Formula E di Jakarta. Penyelidikan KPK menjadi babak baru polemik pelaksanaan Formula E 2021 tersebut.

KPK sedang mengumpulkan bukti-bukti terkait kasus tersebut. Beberapa orang akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

"Betul, KPK sedang meminta permintaan keterangan dan klarifikasi kepada beberapa pihak guna mengumpulkan bahan data dan keterangan ataupun informasi yang diperlukan oleh tim penyelidik," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

Saat itu, Ali menyebut KPK baru menerima laporan sehingga belum banyak hal yang bisa dibicarakan Ali dalam kasus itu.

"Kegiatan ini tentu sebagai tindak lanjut dari informasi yang disampaikan masyarakat ihwal penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta kepada KPK. Namun, karena masih proses awal pengumpulan bahan keterangan, maka materi penyelidikan tidak bisa kami sampaikan saat ini," ucapnya.

Simak juga 'Pelaku Pembuat Website Palsu Pembelian Tiket Formula E Ditangkap!':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT