Hakim Vs Sambo soal Cerita Tak Masuk Akal Senjata Yosua

ADVERTISEMENT

Hakim Vs Sambo soal Cerita Tak Masuk Akal Senjata Yosua

Yogi Ernes, Zunita Putri - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 21:00 WIB
Putri Candrawathi kembali menjalani sidang offline usai negatif COVID-19. Putri berpelukan dengan suaminya Ferdy Sambo yang juga menjadi terdakwa.
Ferdy Sambo saat menjalani sidang di PN Jaksel. (A Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Terdakwa dalang pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo, menjelaskan soal dia menembaki dinding rumah dinasnya di Komplek Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel), di muka sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (Jaksel). Hakim awalnya mencecar mantan Kadiv Propam Polri itu soal senjata Yosua.

"Saudara tadi mengatakan bahwa senjatanya Yosua ada di pinggangnya. Diketahui bahwa senjata Yosua itu sudah dilakukan penyitaan oleh saudara Ricky. Diambil, diamankan oleh saudara Ricky semenjak di Magelang," kata hakim, Rabu (7/12/2022).

Dalam sidang ini, Sambo hadir sebagai saksi untuk terdakwa terdakwa Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan Richard Eliezer. Ketiga terdakwa merupakan mantan anak buahnya.

"Sampai hari konfirmasi itu, saya tidak mengetahui di mana keberadaan senjata Yosua," jawab Sambo.

Hakim terus mencecar Sambo soal cerita menembak dinding rumah dengan senjata Yosua. Hakim menilai keterangan para saksi lainnya menguatkan ketidaksesuaian cerita Sambo.

"Tapi kemarin kan Saudara mendengar sendiri, bahwa senjata yang dijadikan alat bukti oleh jaksa penuntut umum itu adalah senjatanya Yosua. Ini saya jelaskan kepada saudara di mana tidak nyambungnya cerita Saudara," ucap hakim.

Pria yang dulu menyandang pangkat jenderal bintang dua Polri itu pun tetap pada dalihnya. Dia mengklaim dirinya tak dilaporkan soal kejadian senjata Yosua disita Ricky Rizal, baik dari Ricky Rizal sendiri, Eliezer, maupun Kuat.

Hakim pun menilai keterangan Sambo lucu karena para saksi menyebut senjata Yosua disita, dan tetiba ada di tangan Sambo, di mana Sambo membantah tahu soal penyitaan.

"Lah iya, maksud saya begini, kan lucu senjata sudah disita, kemarin Richard juga menerangkan bahwa senjatanya masih tersimpan di dalam mobil, tiba-tiba saudara menerangkan pada saat penembakan Saudara Yosua membawa senjata. Bisa Saudara terangkan?," tanya Hakim.

Sambo tetap pada kesaksiannya. "Apa yang saya sampaikan ya seperti itu Yang Mulia," jawab Sambo.

Simak Video: Sederet Bantahan Eliezer atas Kesaksian Ferdy Sambo

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT