Kisah Pak Bhabin Polisi, Sempat Diprotes Anak Kini Kesayangan Para Jenderal

ADVERTISEMENT

Kisah Pak Bhabin Polisi, Sempat Diprotes Anak Kini Kesayangan Para Jenderal

Sudrajat - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 09:35 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) dan Ipda Herman Hadi Basuki alias Pak Bhabin (kanan).
Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) dan Ipda Herman Hadi Basuki alias Pak Bhabin (kanan). (dok. istimewa)
Jakarta -

Saat mengikuti latihan 'Alarm Stelling' antara prajurit TNI dan Polri, Pak Bhabin yang polisi malah mengenakan seragam TNI. Sebaliknya babinsa TNI justru mengenakan seragam Polri. Saat ditegur komandan latihan, keduanya berkelit.

"Bagi kami sama saja. Sama-sama menjaga NKRI, Jenderal," katanya.

Tapi ada satu hal yang tak boleh tertukar, sambungnya, "Isteri....," timpal Pak Bhabin disambut tawa sang Jenderal dan para peserta latihan.

Adegan kocak dalam video berdurasi 1.21 menit di akun Tiktok @hermanhadibasuk itu telah ditonton 32,2 juta kali. Sementara video percakapannya dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai dilantik sebagai perwira pada pertengahan Agustus lalu disaksikan hampir 11 juta kali.

Sehari-hari Herman Hadi Basuki memang berprofesi sebagai polisi bhabinkamtibmas. Sejak 2002 dia bertugas di lingkungan Polres Purworejo, dan sejak akhir Oktober 2022 berdinas di Polres Magelang.

Alumnus SMAN 1 Banyuurip Purworejo, 2001 itu menjadi polisi karena terinspirasi dari ayahnya yang juga polisi dengan pangkat terakhir Aiptu.

Sejak April 2019, Herman mulai memproduksi video-video pendek untuk mensosialisasikan program-program Polri. Karena dikemas dengan unik dan lucu, video itu selalu viral di media sosial. Dia mengaku menjadi konten kreator secara otodidak.

"Saya enggak ikut kursus. Belajar dari internet saja, mulai mbikin naskah, teknik mengambil gambar dengan smartphone, hingga editing," kata Inspektur Dua (Ipda) Herman saat berbincang dengan detikcom di Grand Indonesia, Sabtu (26/11/2022).

Sejak April 2019 sudah seratusan film pendek berdurasi 1 hingga 10 menit kreasi Pak Bhabin selalu viral di media sosial. Selain menjadi pemeran utama, Herman sekaligus menjadi sutradara, pembuat ide cerita, kameraman hingga editor.

Kini, selain rekannya Briptu Nurman Widiatmoko, suami dari Weni Kusuma itu sudah punya tiga pegawai dan 7 talen yang digajinya sendiri.

Film 'Pak Bhabin'Foto: Ipda Herman Hadi Basuki alias Pak Bhabin. (dok. Istimewa)

Lihat juga video 'Sekolah Polisi Wanita, Semua Berasal dari Sini':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT