Polwan Humas Polri Pulihkan Trauma Anak Korban Gempa Lewat Tontonan Kartun

ADVERTISEMENT

Polwan Humas Polri Pulihkan Trauma Anak Korban Gempa Lewat Tontonan Kartun

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 01:14 WIB
Tim Polwan Humas Polri beri trauma healing ke anak-anak korban gempa Cianjur dengan gelar nonton bareng film kartun.
Foto: Tim Polwan Humas Polri beri trauma healing ke anak-anak korban gempa Cianjur dengan gelar nonton bareng film kartun. (dok. istimewa)
Jakarta -

Polisi wanita (polwan) Divisi Humas Polri mendatangi pengungsi gempa Cianjur dan memasang sebuah televisi di muka pendopo desa. Mereka sengaja menyetel film kartun agar anak-anak terhibur dan tak bosan.

Benar saja, para ibu membawa anak-anaknya ke pendopo tersebut. Mereka duduk sambil menonton kartun yang tayang di televisi.

"Adapun kegiatan nonton bareng yang dilaksanakan oleh Polwan Divhumas Polri bersama warga di posko pengungsian Warungkondang, Cianjur. Sebanyak sekitar 100 orang ikut bersama dengan para orang tuanya," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/11/2022).

Dedi menuturkan nonton bareng film kartun adalah salah satu upaya pemulihan trauma korban gempa, khususnya anak-anak. Pandangan mata anak-anak korban gempa yang fokus pada film kartun menandakan mereka terhibur, dan traumanya pada bencana yang menimpa kampungnya perlahan memudar.

Mantan Kapolda Kalteng ini menuturkan tim polwan Divisi Humas Polri dipimpin oleh Kabag Diseminasi Informasi Digital Biro Multi Media Divhumas Polri Kombes Polisi Umi Fadilah Astutik. Ada juga sejumlah personel Psikologi Polda Jawa Barat dan staf biro Psikologi SSDM Polri.

"Total tim trauma healing telah melayani 21 posko dan data anak-anak yang telah dilayani sekitar 900 anak-anak dan sekitar 400 orang dewasa," jelas dia.

Selain memberikan trauma healing, Polri juga membagikan bingkisan parcel untuk anak-anak berisi mainan dan makanan ringan. Untuk para ibu-ibu, juga diberikan kebutuhan khusus wanita yang dalam pengungsian sangat dibutuhkan.

Tim Polwan Humas Polri beri trauma healing ke anak-anak korban gempa Cianjur dengan gelar nonton bareng film kartun.Foto: Kabag Diseminasi Informasi Digital Biro Multi Media Divhumas Polri Kombes Polisi Umi Fadilah Astutik pimpin tim polwan Divisi Humas Polri berikan trauma healing. (dok. istimewa)
(aud/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT