Terkuak Cara Tak Biasa Keluarga Kalideres Jual Perabotan Rumah Tangga

ADVERTISEMENT

Terkuak Cara Tak Biasa Keluarga Kalideres Jual Perabotan Rumah Tangga

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 07:21 WIB
Kondisi terkini rumah TKP sekeluarga tewas mengering di Kalideres (Rumondang Naibaho/detikcom)
Foto: Kondisi terkini rumah TKP sekeluarga tewas 'mengering' di Kalideres (Rumondang Naibaho/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah temuan telah didapatkan dalam penyelidikan kematian keluarga Kalideres, Jakarta Barat. Namun, hingga kini apa penyebab dan motif kematian keluarga Kalideres belum terungkap.

Pihak kepolisian masih terus mendalami segala informasi yang didapat dari luar maupun dalam. Penyidik kepolisian interkolaborasi dengan sejumlah ahli forensik.

Terbaru, polisi mengungkap cara yang tak biasa keluarga Kalideres menjual barang-barang di rumahnya. Keluarga Kalideres ini meletakkan begitu saja barang-barangnya di luar rumah.

Soal penjualan aset-aset keluarga Kalideres ini memang sudah diungkap polisi sebelumnya. Tetapi apakah hal ini berkaitan atau tidak dengan peristiwa kematian keluarga Kalideres, belum ada kepastian jawabannya.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki HaryadiDirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi (Yogi Ernes/detikcom)

Perabot Dijual Ditaruh di Luar Rumah

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengungkapkan sejumlah temuan digital forensic keluarga Kalideres. Hengki Haryadi mengungkapkan hal tak biasa soal transaksi jual beli tersebut.

"Kita ketemu lagi yang lain oh dia menghubungi untuk menjual barang segala macam. Sempat masuk atau tidak? Oh ternyata barangnya sudah disiapkan di luar tinggal ngambil. Jadi ini benar-benar interkolaborasi kita kedepankan scientific crime investigation," jelas Hengki kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (24/11).

Petunjuk dari Hasil Digital Forensic

Hengki Haryadi mengungkapkan pihaknya mendapat sejumlah petunjuk dari hasil digital forensic. Salah satunya soal komunikasi yang dilakukan oleh salah satu korban bernama Budyanto Gunawan selaku paman di keluarga tersebut.

"Dari temuan digital forensik kita temukan petunjuk bahwa yang bersangkutan kan sangat jarang berkomunikasi dengan pihak luar tapi dari beberapa komunikasi ini menjadi petunjuk bagi kami. Siapa yang dihubungi, si A kita dalami siapa ini," kata Hengki Haryadi.

Hengki Haryadi mengatakan pihaknya lalu menemukan komunikasi Budyanto dengan salah satu pegawai koperasi simpan pinjam. Pegawai tersebut pun telah diperiksa penyidik.

"Bahkan (pegawai) koperasi simpan pinjam itu begitu kita temui bisa langsung menebak 'oh kasus Kalideres ya. Tidak seperti itu ceritanya'," jelas Hengki.

Simak juga video 'Sekeluarga Tewas di Kalideres Sempat Minta Aliran Listrik Rumah Diputus':

[Gambas:Video 20detik]



Baca temuan lain di halaman selanjutnya.....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT