4 Poin Konfrontasi Irjen Teddy-AKBP Doddy Saling Tuding soal Sabu 5 Kg

ADVERTISEMENT

4 Poin Konfrontasi Irjen Teddy-AKBP Doddy Saling Tuding soal Sabu 5 Kg

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 09:38 WIB
Momen Irjen Teddy Minahasa ungkap kasus 41,4 kg sabu di Polres Bukittinggi.
Irjen Teddy Minahasa dan AKBP Doddy Prawiranegara saat rilis kasus 41.4 kg sabu di Polres Bukittinggi (Jeka Kampai/detikSumut)
Jakarta -

Irjen Teddy Minahasa dan AKBP Doddy Prawiranegara cs dikonfrontasi polisi soal sabu 5 kilogram yang diduga digelapkan dan diedarkan. Dalam konfrontasi tersebut, ada beberapa hal yang dikonfrontasi oleh polisi kepada kedua belah pihak.

Konfrontasi tersebut berlangsung di ruangan penyidik Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya pada Rabu (23/11/2022). Kedua pihak berdebat soal sabu 5 kilogram, yang merupakan barang bukti Polres Bukittinggi.

Pihak Teddy Minahasa Pertanyakan Sabu 1,9 Kg

Pengacara Irjen Teddy Minahasa, Hotman Paris, mengungkapkan beberapa hal dalam konfrontasi tersebut. Pihaknya mempertanyakan 1,9 kilogram dari 5 kilogram sabu yang diduga polisi merupakan penggelapan barang bukti Polres Bukittinggi.

"Pointer-pointer yang menjadi kejanggalan dan belum ada titik temu adalah TM itu dituduh memperdagangkan yang 5 kilogram. Ternyata yang disita dari rumah Anita (atau Linda) dan Doddy itu hanya 3,3 kg. Terus 1,7 kg itu ke mana? Nggak ada buktinya, nggak ada tersangkanya," jelas Hotman Paris di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

"Jadi ini kasus sekarang hanya terkait dengan 1 kg dari rumah Anita, 2 kilo lebih dikit dari rumah Doddy. Yang 1,7 (kilogram) ke mana? Belum ada tersangkanya sama sekali," lanjut Hotman Paris.

Perdebatan soal Chat Perintah Teddy Minahasa

Irjen Teddy Minahasa mengklaim barang bukti sabu yang disita dari AKBP Doddy Prawiranegara dan Linda tidak berkaitan dengannya. Mantan Kapolda Sumatera Barat ini mempersoalkan chat perintahnya kepada AKBP Doddy untuk menarik barang bukti.

"Kalau Teddy mengatakan itu yang ditemukan di rumah Anita dan di rumah Doddy tidak ada kaitannya dengan saya. Ditemukan 11, 12 Oktober, saya (Teddy Minahasa) tanggal 24 September telah perintahkan agar itu barang semua ditarik dan itu semua chat-nya di WA-nya. Artinya, dia sudah perintahkan dari 24 September tarik semua barang jangan lagi dipakai untuk penyergapan, tarik semua. Kalau kemudian dua minggu masih ditemukan masih beredar di rumah Doddy maupun Anita, ya bukan salah Kapolda, dong," tambahnya.

Selain itu, riwayat percakapan Irjen Teddy Minahasa dengan AKBP Doddy Prawiranegara menjadi materi konfrontasi yang ditanyakan penyidik.

"Semuanya, semua ditanyakan yang relevan. Misalnya mengenai chat, mengenai jumlah timbangan, semuanya ditanyakan sesuai permintaan jaksa P19 untuk tersangka Doddy, untuk tersangka Anita dan tersangka Arif. Ini dalam kaitannya mereka bertiga bukan terhadap Teddy sebagai tersangka," tutur Hotman.

Simak video 'Hotman Paris Cerita soal Barbuk 1,9 Kg Sabu di Kasus Irjen Teddy Hilang':

[Gambas:Video 20detik]



Baca versi AKBP Doddy Prawiranegara di halaman selanjutnya....



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT