Massa Kembali Demo di Pintu Tol Jatikarya, Lalin ke Jagorawi Sempat Macet

ADVERTISEMENT

Massa Kembali Demo di Pintu Tol Jatikarya, Lalin ke Jagorawi Sempat Macet

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 00:09 WIB
Polisi melakukan persuasi kepada sejumlah warga yang melakukan pemblokiran Tol Cimanggis-Cibitung saat berunjuk rasa di Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/6/2022). Mereka menuntut Badan Pertahanan Nasional segera memberikan surat pengantar  untuk menyelesaikan pembayaran uang konsinyasi atas penggunaan tanah untuk Tol Cimanggis-Cibitung di daerah Jatikarya seluas 4,2 hektare yang belum dibayar selama 25 tahun. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.
Ilustrasi warga blokir jalan Tol Cimanggis-Cibitung (Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Jakarta -

Ahli waris kembali melakukan demo di ruas Tol Cimanggis-Cibitung, tepatnya di dekat Gerbang Tol Jatikarya. Akibatnya, lalu lintas menuju Tol Jagorawi sempat mengalami kemacetan.

Aksi massa ini berlangsung pada Selasa (12/7) malam. Massa baru membubarkan diri pukul 21.00 WIB.

"Karena ada kejadian penyampaian aspirasi masyarakat tersebut di Ruas Tol Cimanggis Cibitung," kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti, dalam keterangannya, Selasa (12/7/2022).

"Sebagai langkah antisipasi dan menjaga keamanan pengguna jalan Ruas Tol Jagorawi, kami menyampaikan hal dimaksud, agar pengguna jalan dapat terinformasi," kata Irra.

Irra mengatakan demo itu baru selesai pukul 21.00 WIB. Jasa marga pun sudah menyesuaikan informasi terkini melalui sistem layanan informasi.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari ruas tersebut, kegiatan penyampaian aspirasi baru selesai pukul 21.00 lewat," ujarnya.

"Saat ini informasi seperti yang disampaikan di atas, sudah kami turunkan dan informasi DMS disesuaikan dengan kondisi saat ini," imbuh Irra.

Aksi demonstrasi masyarakat di Tol Jatikarya ini bukan pertama kalinya terjadi. Mereka pernah berunjuk rasa hingga membuka paksa pintu Tol Jatikarya.

Peristiwa itu diketahui terjadi pada pukul 14.00 WIB, Rabu (29/6/2022) dan viral di media sosial. Dalam video tersebut, tampak seorang pria berdiri menghalangi palang gerbang Tol Jatikarya. Tampak pula seorang pria lainnya tengah sibuk mengarahkan kendaraan agar segera melintas.

Dimintai konfirmasi, Kapolsek Jatisampurna Iptu Santri Dirga membenarkan adanya kejadian itu. Aksi tersebut merupakan bentuk protes dari ahli waris atas hasil putusan Pengadilan Negeri (PN) Bekasi.

"Aksi spontan dari warga selaku ahli waris yang menuntut haknya berupa dana konsinyasi yang ada di PN Kota Bekasi," kata Santri saat dimintai konfirmasi, Rabu (29/6/2022).

Lihat juga Video: Tol Jagorawi Arah Jakarta Padat-Merayap Malam Ini

[Gambas:Video 20detik]



(eva/mei)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT