Kata Polda Metro soal Konser NCT 127 Diizinkan, tapi Dewa 19 Diundur

ADVERTISEMENT

Kata Polda Metro soal Konser NCT 127 Diizinkan, tapi Dewa 19 Diundur

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 15:26 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. Sumber foto: Kombes Endra Zulpan,
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Konser boyband asal Korea Selatan, NCT 127, bakal digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan, malam ini. Di satu sisi polisi mengundurkan konser Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS) yang sedianya bulan ini menjadi Februari 2023.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan perbedaan penanganan dua konser tersebut. Dia menyebut panitia konser NCT 127 telah mengantongi izin penyelenggaraan sejak lama.

"Mereka (panitia konser NCT 127) itu izinnya sudah lama ya," kata Zulpan saat dihubungi, Jumat (4/11/2022).

Hal itu berbanding terbalik dengan persiapan konser Dewa 19 di JIS yang sedianya digelar pada Sabtu (12/11). Zulpan menyebut polisi belum mengeluarkan izin konser tersebut, namun panitia telah menjual puluhan ribu tiket.

"Dia sudah jual tiket tapi izinnya belum keluar. Kemudian juga karena penontonnya 70 ribu dalam waktu singkat aja 60 ribu sudah terjual ya berarti memang banyak fansnya. Makanya diambil langkah diundur, bukan dilarang ya," tutur Zulpan.

Menurut Zulpan, pilihan untuk menunda konser Dewa 19 bukan tanpa pertimbangan matang. Faktor keselamatan penonton yang hadir menjadi pertimbangan utama polisi tidak mengeluarkan izin acara tersebut di pekan depan.

Zulpan mengatakan peristiwa pesta Halloween Itaewon di Korea Selatan dan festival Berdendang Bergoyang yang diwarnai kericuhan menjadi pelajaran Polda Metro Jaya dalam mengeluarkan izin kegiatan.

"Diundur untuk disiapkan lagi pengamanan. Kan kejadian seperti di Itaewon, 'Berdendang Bergoyang' jadi pelajaran. Jadi kita nggak mau ada kejadian di JIS makanya diundur. Ini faktor keselamatan jiwa penonton aja dan keamanan. Diundur karena itu aja," tutur Zulpan.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....

Simak juga 'Konser NCT 127 Tak Ditunda Meski Ada Ancaman Bom':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT