Polisi soal Konser Dewa 19 Diundur: Izin Belum Keluar, Tiket Sudah Dijual

ADVERTISEMENT

Polisi soal Konser Dewa 19 Diundur: Izin Belum Keluar, Tiket Sudah Dijual

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 02 Nov 2022 20:11 WIB
Dewa 19 dan Ello Ajak Penonton WTF 2022 Nyanyi dan Joget Bareng
Dewa 19 (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menjelaskan alasan konser grup band Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS) diundur. Konser itu rupanya belum mengantongi izin kepolisian.

"Jadi konser itu memang ditunda pelaksanaannya karena memang, pertama, belum keluar rekomendasi izin dari kepolisian. Rekomendasi izin penyelenggaraan acara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Rabu (2/11/2022).

Konser Dewa 19 di JIS sedianya bakal berlangsung pada 12 November 2022. Namun, konser itu diundur menjadi 4 Februari 2023.

Menurut Zulpan, belum ada izin penyelenggaraan yang dikeluarkan Polda Metro Jaya terkait konser tersebut. Selain itu, kepolisian menyayangkan sikap panitia yang telah menjual tiket ketika masalah perizinan belum rampung.

"Pihak panitia telah menjual tiket, jadi izin belum keluar tiket sudah keluar. Sementara di acara yang mereka persiapkan itu jumlah penonton yang diperkirakan hadir itu 70 ribu dan juga tiket yang sudah terjual itu 60 ribu. Sementara izin dari Polda Metro itu belum ada terkait acara itu," ucap Zulpan.

Zulpan mengatakan pemunduran konser Dewa 19 itu pun telah disepakati panitia dan manajemen Dewa 19. Pihaknya berharap persiapan waktu yang panjang itu bisa dimaksimalkan panitia terkait pengamanan konser.

"Untuk faktor keselamatan dari pada penonton khususnya keselamatan jiwa dan keamanan bagi semua pihak maka kepolisian memandang perlu meminta panitia untuk memundurkan acaranya yang telah disepakati menjadi Februari 2023," jelas Zulpan.

"Itu untuk mempersiapkan pengamanan yang lebih baik karena dengan waktu yang mepet ini kita tidak ingin nanti tidak optimalnya persiapan keamanan dan keselamatan bagi penonton dikhawatirkan nanti akan ada korban karena jumlahnya (penonton) cukup banyak sehingga minta dimundurkan," tambahnya.

Penjelasan Dewa 19

Ahmad Dhani selaku perwakilan personel Dewa 19 bicara terkait penundaan konser grup band-nya. Konser 30 tahun Dewa 19 yang dijadwalkan pada 12 November 2022 itu bakal ditunda hingga 4 Februari 2023.

"Kita semua ketar-ketir menghadapi 70 ribu Baladewa-Baladewi," tulisnya dalam keterangan yang diterima detikcom.

Ahmad Dhani menjelaskan pemunduran konser Dewa 19 di JIS menjadi Februari 2023. Dia menyebut ada masalah persepsi antara panitia dan kepolisian.

"Ada miskomunikasi antara panitia dan Polda Metro Jaya. Panitia merasa sudah biasa mengurus melalui WA, seperti yang pernah terjadi di JIS sebelum-sebelumnya."

Menurut Ahmad Dhani, kepolisian menanggap konser Dewa 19 berbeda dengan acara musik seperti Pestapora, Syncronize Fest, Berdendang Berrgoyang. Ia menyebut festival seperti itu rata-rata memiliki jumlah penonton hanya 25 ribu orang.

"Apalagi Polda Metro Jaya sudah tahu bahwa tiket konser rakyat terjual 63 ribu tiket, hanya dalam 15 menit. Dan, belum ada panitia yang report soal ingar-bingar ini," ungkap Ahmad Dhani, pendiri Dewa 19.

Ahmad Dhani juga menyebut ada perbedaan persepsi antara Polres dan Polda Metro Jaya dan panitia yang menganggap 70 ribu penonton itu sama dengan 25 ribu penonton.

"Apalagi ada pemicu, berantakannya acara musik Berdendang Bergoyang yang izinnya menjual 10 ribu tiket, ternyata yang terjual 21 ribu tiket. Akhirnya berujung pada dicabutnya izin pada hari kedua dan ketiga," ungkapnya.

"Chaos pun tak terhindarkan dan pada akhirnya juga berdampak pada konser rakyat Dewa 19 di JIS yang tak mendapat izin Polres dan Polda Metro Jaya, sebelum panitia memberikan pemaparan tentang kesiapan mengatur 70 ribu penonton. Dan Polda menganggap sudah terlalu mendekati hari-H untuk pemaparan dan sebagainya," tambah Ahmad Dhani.

Simak Video 'Jawaban Ahmad Dhani Soal Konser Dewa 19 di JIS Ditunda':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT