Konser Dewa 19 di JIS Diundur, Polda Metro Berkaca dari Tragedi Itaewon

ADVERTISEMENT

Konser Dewa 19 di JIS Diundur, Polda Metro Berkaca dari Tragedi Itaewon

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 02 Nov 2022 20:59 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. (Foto: dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Konser grup band Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, yang semula digelar bulan ini diundur menjadi Februari 2023. Polda Metro Jaya mengaku tragedi di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, menjadi salah satu alarm pihaknya dalam mengeluarkan izin penyelenggaraan.

"Kita tidak ingin contoh di Itaewon, Seoul, Korea, gimana banyak korban. Polisi memandang untuk faktor keamanan dan keselamatan bagi penonton," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Rabu (2/11/2022).

Konser Dewa 19 di JIS direncanakan digelar pada 12 November 2023. Polisi memilih tidak mengeluarkan rekomendasi izin kegiatan tersebut.

Menurut Zulpan, sejauh ini pihak kepolisian dan panitia acara konser Dewa 19 di JIS belum membahas teknis pengamanan acara tersebut. Panitia pun belum pernah menjelaskan detil gelaran acara tersebut hingga faktor keamanan dan keselamatan bagi penonton.

"Ini karena kita belum mengeluarkan izin ya berarti Polda belum tahu kegiatan itu bagaimana. Kan harusnya sebelum izin dikeluarkan dari Polda memanggil panitia penyelenggara memaparkan bagaimana konsep acara, jumlah penonton kemudian bagaimana flow-nya, kemudian dari segi pengaturan. Ini belum sempat terjadi pertemuan itu belum ada," tutur Zulpan.

Pihak manajemen Dewa 19 mengungkap 60 ribu tiket konser di JIS telah terjual. Namun, hingga saat ini Polda Metro Jaya menegaskan belum ada izin penyelenggaraan yang dikeluarkan kepolisian.

Selain itu faktor festival Berdendang Bergoyang di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pekan lalu yang berakhir ricuh hingga menyebabkan korban pingsan menjadi salah satu pertimbangan polisi belum mengeluarkan izin konser Dewa 19 di JIS.

"Kita melihat untuk faktor keamanan apalagi kemarin kita lihat di Istora 'Berdendang Bergoyang' itu penontonnya yang 20 ribu aja itu banyak sekali yang pingsan. Ini 70 ribu dan tiket yang sudah terjual 60 ribu dalam waktu singkat," ucap Zulpan.

"Tentunya diprediksi tiket sisanya akan terjual juga dalam beberapa hari ke depan kalau tidak dihentikan dulu atau diundur. Makanya sambil ini (diundur) kita persiapan faktor keamanan tempat acaranya nanti agar tidak ada korban," tambahnya.

Tiket Sudah Dijual Padahal Izin Belum Keluar

Konser Dewa 19 di JIS diperkirakan dihadiri 70 ribu penonton. Manajemen Dewa 19 mengaku sudah 60 ribu tiket yang terjual.

Namun, Polda Metro Jaya memastikan izin penyelenggaraan acara itu belum pernah dikeluarkan.

"Jadi konser itu memang ditunda pelaksanaannya karena memang, pertama, belum keluar rekomendasi izin dari kepolisian. Rekomendasi izin penyelenggaraan acara," kata Zulpan.

Pihak kepolisian pun menyayangkan sikap panitia yang telah menjual tiket ketika masalah perizinan belum rampung.

"Pihak panitia telah menjual tiket, jadi izin belum keluar tiket sudah keluar. Sementara di acara yang mereka persiapkan itu jumlah penonton yang diperkirakan hadir itu 70 ribu dan juga tiket yang sudah terjual itu 60 ribu. Sementara izin dari Polda Metro itu belum ada terkait acara itu," ucap Zulpan.

Simak halaman selanjutnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT