Terjawab Teka-teki Kucing Oyen di Unggahan Jokowi

ADVERTISEMENT

Terjawab Teka-teki Kucing Oyen di Unggahan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Okt 2022 21:45 WIB
Kucing oyen di unggahan Jokowi
Kucing oyen di unggahan Jokowi. (Foto: dok. Instagram Presiden Jokowi)
Jakarta -

Kucing oyen sering kali muncul pada unggahan kartun di akun Instagram Presiden Joko Widodo (Jokowi). Istana pun menjelaskan alasan kucing berwarna oranye itu kerap muncul.

Dari penelusuran detikcom, Senin (24/10/2022), sosok kucing oyen itu muncul pertama kali di Instragram @jokowi pada 10 Juli 2022. Kala itu, Jokowi mengunggah kartun untuk memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 2022.

"Pengorbanan, keikhlasan, dan rasa syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, akan membuat hidup manusia punya makna dan menjadi jembatan untuk berbahagia," tulis Jokowi dalam unggahan pada 10 Juli 2022 itu.

Ilustrasi dalam unggahan itu menampilkan suasana di depan sebuah masjid saat Idul Adha. Dalam foto itu, tampak kartun yang mirip dengan Jokowi sedang memegang kambing.

Di belakang kambing tampak seekor sapi berwarna putih. Di atas pundak sapi itulah kucing oyen berada. Kucing oyen tampak berpose sedang tiduran di atas sapi.

Sejumlah warga juga berada dalam gambar itu. Tampak pula seorang wanita yang sedang mengabadikan momen Idul Adha di depan masjid itu dengan ponselnya.

Kucing oyen kemudian muncul lagi pada Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2022. Si kucing oyen tampak ikut bermain layang-layang bersama anak-anak dan Jokowi.

Si kucing oyen tampak makin 'nyaman' tampil di unggahan kartun Jokowi. Di postingan selanjutnya, kucing oyen tampak tampil berdandan dan berlaga jalan di atas cat walk saat Jokowi mengajak masyarakat Indonesia memakai produk dalam negeri.

Kemunculan kucing oyen paling ikonik terjadi saat Jokowi mengucapkan Selamat Hari Tani 2022 pada 24 September 2022. Saat itu, si kucing oyen tampak berenang bersama bebek-bebek di kali. Kucing oyen berenang menirukan gaya bebek di kali.

Pada unggahan lainnya, kucing oyen tampak seperti berdoa. Hal itu ada pada momen Maulid Nabi Muhammad.

Gambar itu mengilustrasikan suasana di dalam rumah keluarga muslim. Gambar penuh warna itu berisi sosok anggota keluarga, dari kakek, ibu, ayah, anak-anak, termasuk yang mencuri perhatian, ada kucing oyen di meja makan.

Terlihat, kepala dan dua kaki depan si kucing naik ke dekat tepian meja. Di depannya, ada sajian makanan.

Di pinggir meja makan tampak perempuan sedang berdoa dan mengangkat tangan. Di seberang meja, kucing oyen sedang duduk juga tampak seperti ikut berdoa dan mengangkat tangannya.

Simak video 'Sederet Kelakuan Random Kucing Oyen di Instagram Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pada halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT