Istana Ungkap Alasan Kucing Oyen Kerap Muncul di Unggahan Jokowi

ADVERTISEMENT

Istana Ungkap Alasan Kucing Oyen Kerap Muncul di Unggahan Jokowi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 24 Okt 2022 13:30 WIB
Ada kucing oyen di postingan Presiden Jokowi
Ada kucing oyen di postingan Presiden Jokowi (Foto: Dok. Instagram Presiden Jokowi)
Jakarta -

Kucing oranye atau oyen kerap muncul pada gambar ilustrasi unggahan di akun media sosial Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari besar nasional. Ternyata, penggunaan karikatur itu dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat.

"Untuk menarik perhatian masyarakat. Supaya ada atensi terhadap hari-hari besar nasional, maupun momen-momen tertentu. Semisal hari ini Hari Dokter Nasional, lalu pernah juga Hari Tani Nasional. Intinya agar masyarakat aware terhadap hari-hari peringatan nasional atau momen penting lainnya," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, di Istana Bogor, Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

Bey pun mengungkap alasan munculnya sejumlah gambar yang unik, seperti kucing oyen. Bey mengatakan kucing oyen itu terinspirasi oleh banyaknya kucing saat pandemi COVID-19.

"Ya memang agar unik dan menarik atensi masyarakat. Kalau soal cilok di awan itu kan layang-layang (kata karikaturisnya), lalu kucing oren yang memang sering tampil di karikatur-karikatur sebelumnya. Kemudian hihang hoheng dalam bungkus makanan kan dari pisang goreng yang viral itu," tutur dia.

"Itu karena terinspirasi saat pandemi ada kucing-kucing, banyak kucing. Ya hal-hal tertentu itu yang dirangkum dari kejadian-kejadian yang ada. Kemarin ada Rehan juga kan, karena lagu 'lupakan Rehan' yang viral itu," lanjut Bey.

Lantas, siapa karikaturis yang dipakai Jokowi? Bey mengatakan bahwa sang karikaturis enggan dipublikasikan. Namun, dia menjelaskan, karikaturis tersebut memang suka menggambar hal-hal kekinian atau isu terkini.

"Yang bersangkutan tidak mau di-publish. Intinya yang bersangkutan sangat senang sudah diberikan kesempatan membuat ilustrasi di feed-feed Presiden," ungkapnya.

Seperti diketahui, Jokowi memang selalu mengunggah gambar karikatur setiap hari besar nasional dan momen-momen tertentu. Unggahan karikatur Jokowi itu pun kerap menjadi perbincangan lantaran memunculkan gambar kucing oyen hingga sosok viral yang menyanyikan 'begitu sulit lupakan Rehan'.

Terbaru, pada unggahan akun Instagram Presiden Jokowi pada Hari Dokter Nasional. Dalam ilustrasi itu tampak sebuah ruangan perawatan. Ada pasien yang sedang diperiksa oleh dokter dan perawat.

Pada salah satu tempat tidur, terdapat kucing oyen yang sedang berbaring. Akan tetapi, kucing oyen itu melakukan tingkah aneh yaitu memakai potongan mentimun di kedua matanya.

Simak juga 'Jokowi Nyatakan RI Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB':

[Gambas:Video 20detik]




(mae/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT