Ini Kemunculan Pertama Kucing Oyen pada Unggahan Jokowi di 2022

ADVERTISEMENT

Ini Kemunculan Pertama Kucing Oyen pada Unggahan Jokowi di 2022

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Okt 2022 16:28 WIB
Kucing oyen di unggahan Jokowi
Kucing oranye kerap muncul di postingan Jokowi. (Foto: Dok. Instagram Presiden Jokowi)
Jakarta -

Sosok kucing berwarna oranye kembali muncul di postingan kartun Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sama seperti kemunculan sebelumnya, kucing oren itu kembali menarik perhatian netizen.

Terbaru, sosok kucing oyen muncul saat Jokowi memberi ucapan selamat Hari Dokter Nasional. Gambar kartun itu diunggah hari ini, Senin (24/10/2022), melalui akun media sosial (medsos) Twitter dan Instagram Jokowi, @jokowi.

Pada unggahan tersebut, kucing oyen itu ditampilkan sedang tertidur di ranjang pasien. Tampak potongan mentimun menutupi kedua matanya.

Dua kaki depan si kucing oyen ada di atas selimut yang menutupi tubuhnya. Di meja samping ranjang si kucing oyen, terlihat ada mainan anak 'dancing cactus'.

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Seorang perempuan yang tampak mengenakan baju biru tampak menghampirinya dan kelihatan bersedih. Tangan kiri perempuan itu terlihat diperban dan disanggah, sementara tangan kanannya memegang selimut si kucing oyen.

Pada gambar tersebut, tergambar berbagai macam suasana di dalam ruang perawatan. Tampak pula sosok seperti Jokowi yang sedang berbincang dengan seorang dokter.

Di gambar tersebut, ada juga salah satu pasien yang terlihat sedang merayakan ulang tahunnya. Pasien remaja wanita itu tampak ceria dihibur sosok trio penyanyi dan ada kue tar ulang tahun serta satu boks pisang goreng 'hihang hoyeng'.

Kemunculan Pertama Si Kucing Oyen

Kucing oyen sudah berkali-kali muncul di karikatur yang diposting Jokowi. Namun, kapan pertama kali sosok kucing oyen ini tampil dalam postingan Jokowi?

Berdasarkan penelusuran detikcom, sosok kucing oyen ini pertama kali muncul saat Jokowi menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2022 pada 10 Juli 2022. Pada postingan itu, tampak kucing oranye tertidur melingkar di atas tubuh sapi kurban.

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Setelah itu, sosok kucing oyen tak pernah absen dari postingan kartun Jokowi. Kemunculan kedua kucing oyen itu tepat pada saat Jokowi memperingati Hari Anak Nasional pada 23 Juli. Si kucing oyen tampak ikut bermain layang-layang bersama anak-anak dan Jokowi.

Si kucing oyen tampak semakin 'nyaman' tampil di unggahan kartun Jokowi. Di postingan selanjutnya, kucing oyen tampak tampil berdandan dan berlaga jalan di atas catwalk saat Jokowi mengajak masyarakat Indonesia memakai produk dalam negeri.

Kemunculan kucing oyen paling ikonik terjadi saat Jokowi mengucapkan Selamat Hari Tani 2022 pada 24 September 2022. Saat itu, si kucing oyen tampak berenang bersama bebek-bebek di kali.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT