Festival Seni Betawi-Gorontalo, Fadel: Wujud Bhinneka Tunggal Ika

ADVERTISEMENT

Festival Seni Betawi-Gorontalo, Fadel: Wujud Bhinneka Tunggal Ika

Atta Kharisma - detikNews
Minggu, 09 Okt 2022 15:26 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menyebut meski terdiri dari suku daerah yang berbeda, masyarakat Indonesia menyatu dalam Bhinneka Tunggal Ika. Hal itu ia sampaikan pada acara Festival Seni Betawi-Gorontalo di Taman Komplek DDN, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Minggu (9//10).

Fadel menilai penyelenggaraan Festival Seni Betawi-Gorontalo tersebut sejalan dengan salah satu dari empat pilar yang disosialisasikan MPR.

"Saat ini saya juga sebagai Wakil Ketua MPR, kami di MPR itu ada empat pilar. Di samping Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan pilar keempat adalah meskipun kita berbagai suku daerahnya, menyatu dalam Bhinneka Tunggal Ika," tutur Fadel dalam pembukaan acara Festival Seni Betawi-Gorontalo.

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Andhika Permata.

Ketua Umum Lamahu ini mengungkapkan festival kali ini merupakan yang kedua kalinya diadakan. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pernah menggelar pada tahun 2018 silam.

"Kita sudah melaksanakan festival yang pertama, ketika itu wagubnya saudara Sandi Uno. Sekarang kita bikin yang kedua kali," ucapnya.

"Alhamdulillah kali ini mendapatkan dukungan penuh dari gubernur, wakil gubernur dan seluruh aparatnya. Untuk itu kami atas nama penyelenggara Lamahu menghaturkan terima kasih dan penghargaannya kepada Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo," sambung Fadel.

Ia menyatakan Festival Seni Betawi-Gorontalo ini merupakan bagian dari semangat untuk menyatukan kebangsaan serta kebudayaan bangsa Indonesia. Selain di Pondok Labu, Fadel mengatakan Festival Seni Betawi-Gorontalo juga digelar di Tebet Eco Park, Sabtu (8/10).

"Kemarin kita laksanakan di Eco Park Tebet dan rame sekali. Parade, tari-tarian, kesenian Betawi dan Gorontalo," imbuhnya.

Sementara itu, Riza dalam sambutannya menyampaikan Festival Seni Betawi-Gorontalo merupakan bukti nyata dan semangat keluarga besar Lamahu yang terus menggiatkan dan menghadirkan budaya Gorontalo yang ada di Jakarta.

"Kita tahu Jakarta adalah ibu kota, di sinilah pusat pemerintahan, pusat perekonomian dan juga pusat kebudayaan. Warga Betawi sangat senang, bangga bisa hidup rukun dengan semua suku termasuk Gorontalo yang sangat ramah, baik, agamis dan selalu mengedepankan persaudaraan," ucapnya.

Riza menilai kehadiran masyarakat Gorontalo di Jakarta memberikan kontribusi dalam memperkaya budaya Betawi yang ada. Karena itu, ia mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga seni budaya bangsa yang ada di Indonesia, khususnya di Jakarta.

"Terlebih juga warga Gorontalo yang ada di Jakarta. Saya sangat senang, bersyukur menghadirkan kegiatan ini. Ini pertanda bahwa hadirnya warga Gorontalo di Jakarta memperkaya budaya Betawi dan tentu budaya bangsa," ujarnya.

"Inilah wujud kebinekaan kita. Mari kita jaga, kita rawat perbedaan di antara kita. Perbedaan dan keragaman itu sesungguhnya adalah kekuatan kita sebagai sebuah bangsa," pungkas Riza.

Simak juga 'Prosesi Kondur Gangsa, Budaya Warisan Mataram Islam';

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT