Beda-beda Narasi Pengunduran Diri M Taufik dari Gerindra

ADVERTISEMENT

Beda-beda Narasi Pengunduran Diri M Taufik dari Gerindra

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 08:26 WIB
M Taufik di Seknas BPN Prabowo-Sandiaga, Jakarta, 6 Mei 2019.
Foto: M Taufik di Seknas BPN Prabowo-Sandiaga, Jakarta, 6 Mei 2019. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

M Taufik resmi bukan lagi kader Gerindra. Namun demikian, narasi berhentinya M Taufik disampaikan berbeda-beda.

Pengunduran diri M Taufik awalnya disampaikan oleh Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Dia menyampaikan pihaknya telah menerima surat pengunduran diri M Taufik.

"Alhamdulillah, kami baru terima surat dari Pak Taufik bahwa yang bersangkutan mengundurkan di dari partai Gerindra dan anggota DPRD," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022).

Riza menyampaikan M Taufik mengundurkan diri dari partai lantaran penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. Riza menyebut penyakitnya kanker yang diderita M Taufik telah menjalar sampai ke kaki.

"Karena beliau perlu waktu untuk perawatan, beliau sakit ya. Ada kanker paru yang sudah sampai ke kaki. Mari kita doakan supaya lekas sembuh," ujarnya.

Meski demikian, Riza menepis pengunduran M Taufik berkaitan dengan Anies Baswedan yang dideklarasikan sebagai Capres NasDem. Dia menegaskan pengunduran diri M Taufik tidak ada hubungannya dengan dicapreskannya Anies Baswedan.

"Nggak ada hubungannya. Pokoknya di surat yang kami terima, Pak Taufik menyampaikan bahwa beliau mundur dari keanggotaan partai dan DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra karena beliau sedang sakit, butuh waktu dan perawatan," imbuhnya.

M Taufik Diberhentikan per 31 Agustus

Berbeda dengan penjelasan Ahmad Riza, Partai Gerindra memastikan M Taufik sudah diberhentikan oleh partai sejak 31 Agustus 2022. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menegaskan M Taufik sudah bukan kader Gerindra sebelum memutuskan mundur.

"Persetujuan Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum DPP terhadap Keputusan Mahkamah Partai yang memberhentikan Saudara M Taufik sudah keluar sejak tanggal tersebut bersamaan dengan persetujuan terhadap keputusan-keputusan Mahkamah Partai Gerindra lainnya," kata Habiburokhman dalam keterangannya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: DPC Gerindra Gugat Prabowo soal M Taufik, Riza: Kewenangan di DPP

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT