Rekam Jejak M Taufik di Politik yang Kini Hengkang dari Gerindra

ADVERTISEMENT

Rekam Jejak M Taufik di Politik yang Kini Hengkang dari Gerindra

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 13:50 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik
M Taufik (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Politikus senior M Taufik memutuskan hengkang dari Partai Gerindra. M Taufik memiliki rekam jejak panjang di dunia politik.

Dirangkum detikcom, Kamis (6/10/2022), Taufik telah dua periode menjabat di DPRD Jakarta pada 2014-2019 dan 2019-2024 dengan jabatan wakil ketua. Taufik lahir di Jakarta 65 tahun lalu.

Kiprah di Pilgub DKI

M Taufik yang kini menjadi pendukung Anies Baswedan dianggap Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berpengaruh dalam gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Taufik pernah dianggap Riza berjasa memenangkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilgub DKI 2012. Saat itu, Jokowi-Ahok diusung Gerindra bersama PDIP. Dia juga dianggap ikut memenangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilgub DKI 2017. Pada Pilgub 2017, Anies-Sandi diusung Gerindra dan PKS.

Setidaknya, selama menjadi Wakil Ketua DPRD DKI, Taufik telah mendampingi empat orang gubernur di DKI Jakarta. Mereka adalah Jokowi, Ahok, Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan.

Kisah di Parpol

Karier politik Taufik diawali dengan bergabung dengan Partai Golkar hingga keluar pada 1998. Taufik lalu berpindah ke Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) sekitar setahun.

Taufik lalu keluar dari partai politik. Dia kemudian sempat menjabat Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Jakarta pada 2003-2004.

Setelah itu, dia kembali terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Gerindra sejak 2008. Taufik pernah menjabat Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta.

Simak juga 'DPC Gerindra Gugat Prabowo soal M Taufik, Riza: Kewenangan di DPP':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT