KemenPPPA: 'Ayah Sejuta Anak' Adopsi Bayi Ilegal, Proses Hukum!

ADVERTISEMENT

KemenPPPA: 'Ayah Sejuta Anak' Adopsi Bayi Ilegal, Proses Hukum!

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 21:15 WIB
Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA, Nahar
Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA, Nahar (Rizky Adha/detikcom)
Bogor -

Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (KemenPPPA) meminta polisi mendalami dugaan keterlibatan pihak lain dalam perdagangan anak 'Ayah Sejuta Anak'. Polisi juga diminta melacak anak-anak yang mungkin telah dijual oleh 'Ayah Sejuta Anak' dengan modus adopsi ilegal.

"Kami berharap karena ini ada keterkaitannya dengan kemungkinan ada pihak lain terlibat, kami minta polisi mendalami kasus ini, jangan sampai ada anak-anak yang harusnya dilindungi malah bermasalah untuk anak itu sendiri. Maka dari itu kita harap pihak kepolisian mendalami kasus ini dan mencari tahu, melacak di mana anak-anak," kata Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA Nahar kepada wartawan, di Bogor Kamis (6/10/2022).

Nahar berharap polisi bisa memberi arahan terkait proses adopsi yang legal kepada orang tua kandung dan orang tua angkat bayi. Dia juga meminta pelaku diproses hukum lantaran perbuatannya terindikasi perdagangan orang.

"Kita berharap pihak kepolisian hari ini berhasil mengevakuasi anak yang diduga menjadi korban adopsi ilegal dan dipertemukan dengan ibu kandung dan bapak angkatnya dan diberikan arahan terkait proses adopsi," paparnya.

"Maka karena ini berkaitan dengan pengangkatan anak dalam kemasan perdagangan orang dan ada adopsi ilegal yang diduga melanggar aturan, maka harus diproses hukum," tambahnya.

Sementara itu, kasus berjalan, Nahar mengatakan akan ada asesmen terhadap bayi tersebut. Hal itu dilakukan untuk memutuskan bayi tersebut akan ditempatkan di mana.

"Ini untuk sementara dalam proses penyidikan. Ini berharap bisa P21 kemudian prosesnya ada SOP. Selama proses anak ini ditempatkan di mana, apakah nanti bisa di sebuah lembaga atau di orang, nanti hasil asesmen akan menentukan. Biasanya akan ditempatkan di tempat aman yang dianggap aman dan bisa mendukung proses penegakan hukum," jelasnya.

Lihat juga video 'Hendra 'Ayah Sejuta Anak', Tampung 55 Bayi yang Terbuang':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT