Penumpang TransJ di Cibubur Junction Mengular Imbas Sistem Baru

ADVERTISEMENT

Penumpang TransJ di Cibubur Junction Mengular Imbas Sistem Baru

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 09:12 WIB
Penumpang TransJ di Cibubur Junction Mengular Imbas Sistem Baru
Penumpang TransJ di Cibubur Junction Mengular Imbas Sistem Baru (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Antrean penumpang bus TransJakarta di Halte Busway Cibubur Junction, Jakarta Timur, mengular pagi ini. Antrean terpantau panjang mengular di rute TransJakarta Cibubur-BKN.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (6/10/2022), sekitar pukul 07.42 WIB, lebih dari 30 penumpang menunggu hingga membentuk letter U. Terlihat ada 3 bus TransJakarta rute Cibubur-BKN yang standby di depan halte.

Penumpang diarahkan untuk mengisi bus yang paling depan terlebih dahulu, selanjutnya sekitar pukul 08.00 petugas mulai mengarahkan penumpang ke bus kedua.

Salah satu penumpang, Witri (48), mengeluh dengan lamanya antrean. Pasalnya sebelum penerapan sistem kartu baru, antrean TransJakarta di Halte Cibubur Junction tidak parah.

"Dari hari Senin kalau nggak salah, aduh iya berubahnya malah nggak efektif karena waktunya. Kita juga sudah datang pagi-pagi ternyata mesti ngantre, sebelumnya nggak kayak gini," papar Witri saat ditemui di lokasi.

Witri menyebut bisa menunggu antrean sampai 20 menit. Ia mengeluhkan tap berulang kali saat ingin masuk bus.

"Sepertinya termasuk juga tap berulang kali jadi belum tentu kartu (yang) kita pakai, orang lain belum tentu bisa langsung. Bisa jadi mesti berkali-kali juga," katanya.

Penumpang lain, Mistar (42), menilai sistem baru memperlambat. Ia mengaku sampai harus tap kartu berulang kali.

"Jadi lama antrenya nggak seperti biasa sekali nempel langsung jalan, kan ribet," kata Mistar. Kadang-kadang sampai 2 kali, karena sistemnya belum ini (siap) kali," ucapnya.

Mistar berharap antrean di TransJakarta Cibubur Junction bisa dipecah dengan penambahan armada.

"Diperbanyak armada, soalnya memperlambat. Kurang efektif, biasanya mah lancar cepat," tandasnya.


Sistem Baru TransJakarta

Sistem baru TransJakarta sudah diberlakukan untuk para pengguna transportasi busway tersebut. Sistem baru itu berhubungan dengan penggunaan kartu sebagai alat pembayaran pengguna TransJakarta.

Setelah diberlakukan aturan baru TransJakarta, kini kartu busway hanya berlaku untuk satu penumpang. Hal ini berbeda dengan sebelumnya, di mana satu kartu busway bisa digunakan untuk beramai-ramai. Kini, setiap penumpang TransJakarta diwajibkan untuk tap in dan tap out.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor mengatakan penumpang TransJakarta wajib tap in dan tap out. Jika tidak tap out, kartu akan di-reset dan biaya perjalanan sebelumnya akan dikenakan saat perjalanan berikutnya.

"Apabila pelanggan tidak melakukan tempel kartu baik saat naik/turun, maka konsekuensinya kartu akan terblokir. Pelanggan perlu melakukan atur ulang (reset) dan biaya perjalanan sebelumnya akan dikenakan pada perjalanan berikutnya," kata Anang, dikutip detikcom, Rabu (5/10)

Kartu yang terblokir tetap bisa digunakan kembali. Untuk membuka blokir kartu, kartu pelanggan akan diatur ulang (reset) pada gate yang tersedia di seluruh halte TransJakarta maupun alat tempel kartu (tap on bus) yang ada di seluruh armada Non BRT.

Seiring dengan ketentuan baru TransJakarta, saldo minimal kartu saat ini ialah Rp 5.000. Jika saldo tidak mencukupi, pelanggan tidak bisa menggunakan layanan Transjakarta kecuali untuk layanan gratis.

"Jadi selalu pastikan pelanggan memiliki saldo minimum sebelum menggunakan layanan Transjakarta dan melakukan tempel kartu saat naik dan turun bus (tap in dan tap out)," ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor.

Simak Video: Kebijakan Baru TransJ Bikin Antrean Mengular di Sejumlah Halte

[Gambas:Video 20detik]

(yld/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT