ADVERTISEMENT

Penjelasan TransJ soal Saldo Penumpang Terpotong 2 Kali, Janji Kembalikan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 14:24 WIB
Sistem baru TransJakarta sudah diberlakukan untuk para pengguna transportasi busway tersebut. Sistem baru itu berhubungan dengan penggunaan kartu TransJakarta.
Bus TransJakarta (Getty Images/holgs)
Jakarta -

PT TransJakarta memberikan penjelasan terkait saldo uang elektronik penumpang terpotong 2 kali setelah sistem baru diberlakukan. TransJakarta mengatakan akan mengembalikan saldo penumpang yang terpotong 2 kali itu.

"Jadi setelah kita bicarakan nanti akan ada kebijakan mengembalikan saldo yang terpotong bukan karena kesalahan yang nge-tap out sebelumnya," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor saat dihubungi, Rabu (5/10/2022).

Sistem baru yang diberlakukan TransJakarta itu adalah 1 kartu untuk 1 orang penumpang. Penumpang wajib tap in dan tap out saat keluar halte. Berbeda dengan aturan sebelumnya, di mana saldo akan dipotong saat tap in sebesar Rp 3.500, pada sistem 1 kartu untuk 1 penumpang saldo akan dipotong saat tap out.

Anang menyebut terjadi kesalahan pada sistem sehingga saldo pada kartu penumpang terpotong saat tap in dan tap out.

"Jadi kan secara sistem ada yang entah bagaimana bisa terpotong dua kali, padahal dia tidak melakukan perjalanan atau sebelumnya tidak tap out di perjalanan sebelumnya," tutur dia.

Sementara itu, TransJakarta melalui akun Twitternya membeberkan cara pengembalian dana. Penumpang bisa lebih dulu melaporkan bahwa saldo uang elektronik telah terpotong 2 kali ke petugas melalui customer care.

"Sahabat TiJe, jika kamu sudah tap out di perjalanan sebelumnya, namun saldomu tetap terpotong dua kali di perjalanan yang sama, Silahkan hubungi Customer Care JLI @jaklingkoindonesia (PT JakLingko Indonesia) di nomor WA: 0812-6000-1440," tulis TransJ melalui akun Twitternya.

Simak keluhan penumpang soal saldo dipotong 2 kali pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT