Penjelasan Demokrat soal Arahan AHY Minta Kader Tak Takut Kritik Penguasa

ADVERTISEMENT

Penjelasan Demokrat soal Arahan AHY Minta Kader Tak Takut Kritik Penguasa

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 06:10 WIB
Kamhar Lakumani (Dokumentasi pribadi).
Kamhar Lakumani. (Dokumentasi pribadi)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta kadernya untuk tidak takut mengkritik penguasa. Elite Partai Demokrat Kamhar Lakumani menilai AHY ingin kader menunjukkan keberaniannya sebagai oposisi.

"Penekanan Mas Ketum AHY tentang pentingnya keberanian mesti dimiliki segenap kader Partai Demokrat telah sering disampaikan pada berbagai kesempatan. Keberanian salah satu karakter penting yang mesti dimiliki untuk mencapai kesuksesan," kata Kamhar kepada wartawan, Rabu (5/10/2022).

Kamhar lantas mencontohkan sikap keberanian AHY saat Demokrat dikudeta oleh Kepala KSP Moeldoko dkk. Dia menilai keberanian menjadi kunci penting agar partai tetap solid.

"Keberanian ini pulalah yang telah ditunjukkan Mas Ketum AHY ketika memimpin perlawanan terhadap Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat yang dipimpin KSP Moeldoko yang seorang purnawirawan jenderal dan elemen penting kekuasaan. Selain kecepatan dan ketepatan tindakan serta soliditas kader, keberanian menjadi faktor kunci penting. Ini yang secara empiris telah dipraktikkan Mas Ketum AHY dan terbukti berhasil," ujarnya.

"Apalagi Mas Ketum AHY ditempa dan berlatarbelakang militer, keberanian menjadi karakter dasar yang dibangun. Tak ada tempat untuk keraguan karena ragu-ragu hanya akan melemahkan semangat dan menjadi awal kegagalan di medan operasi. Sifat dan karakter ini yang diharapkan dimiliki setiap kader Partai Demokrat," lanjut Kamhar.

Kamhar menegaskan sikap berani dan kritis wajib dimiliki kader Demokrat sebagai partai oposisi. Namun sikap pun harus dilakukan dengan cara yang tidak bertentangan.

"Sebagai partai oposisi yang secara konsisten memperjuangkan kebijakan dan program-program pro-rakyat, segenap kader diminta untuk berani menyuarakan kepentingan rakyat, menyuarakan kritik kepada penguasa ketika mencederai mandat rakyat, ketika menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan melanggengkan kekuasaan," ucapnya.

"Bersuara lantang ketika bukan rakyat yang dilayani dan diutamakan, melainkan kepentingan oligarki. Namun sikap kritis ini juga dibarengi solusi dan disampaikan dengan cara-cara yang tak bertentangan dengan aturan yang ada," lanjut Kamhar.

Kamhar menilai keberanian juga sangat penting menuju pemilu 2024. Seluruh kader menurutnya harus memperjuangkan aspirasi rakyat.

"Keberanian ini menjadi sangat penting apalagi kompetisi dan kontestasi politik menuju 2024 telah di depan mata, segenap kader mesti berani memperjuangkan aspirasi perubahan dan perbaikan untuk memenangkan hati, pikiran dan pilihan rakyat," ujarnya.

Selengkapnya di halaman berikut

Simak Video: Anies Jadi Capres NasDem, AHY: Pada Saatnya, Kita Juga Umumkan Sikap

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT