PKS Nilai AHY-Ganjar-Khofifah Cocok Jadi Cawapres Dampingi Anies

ADVERTISEMENT

PKS Nilai AHY-Ganjar-Khofifah Cocok Jadi Cawapres Dampingi Anies

Nahda Utami - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 19:05 WIB
Mardani Ali Sera
Foto: Mardani (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut partainya sempat berbincang dengan Partai NasDem soal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan. Mardani membeberkan beberapa nama yang dinilai cocok dipasangkan sebagai cawapres Anies.

"Berbincang. Kita kan duduknya bukannya formal, hayo ini sapa nih capresnya, cawapresnya siapa. Bisa ini bisa ini, ini juga boleh kita bilang," kata Mardani kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Mardani mengatakan tokoh yang cocok mendampingi Anies itu di luar PKS dan Partai NasDem. Dia menyebut Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo cocok untuk mendampingi Anies.

"Salah satunya (AHY), tapi Bu Khofifah juga sesuatu, Mas Ganjar juga mungkin," jelas Mardani.

Selain tiga nama itu, Mardani juga membeberkan sejumlah nama di internal PKS yang dinilai cocok mendampingi Anies. Menurutnya, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid cocok sebagai cawapres mendampingi Anies.

"Ya kita ajukan Kang Aher, ada juga ustadz Hidayat Nur Wahid, tapi itu mah internal," ujarnya.

Meski demikian, Mardani tak menjelaskan lebih jauh alasan menyebut sejumlah nama itu. PKS, kata Mardani, tetap menghormati Anies untuk mencari cawapres.

"Otoritas capres untuk mencari yang terbaik, harus dihargai," ucapnya.

Lebih lanjut, Mardani juga memberikan saran kepada Anies dalam mencari cawapres. Dia menyebut salah satu sarannya yaitu cawapres Anies harus mampu membuat kemenangan pada Pilpres 2024.

"Formasinya harus yang formasi menang. Jangan sampai maksain, kalau kita maksain, ya ujung akhirnya nanti belum tentu menang," imbuh Mardani.

NasDem Deklarasi Anies Capres

Seperti diketahui, Partai NasDem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta sebagai capres 2024. Deklarasi disampaikan lngsung oleh Ketum NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Pusat.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," sambung Paloh.

Simak video 'Anies Jadi Capres NasDem, Paloh Sebut PKS-Demokrat Bakal Menyatu':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT