Anies Harap Program Sumur Resapan Diteruskan: Ini Bisa Diandalkan

ADVERTISEMENT

Anies Harap Program Sumur Resapan Diteruskan: Ini Bisa Diandalkan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 11:28 WIB
Partai NasDem akan mengumumkan capres pilihannya hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat merapat ke NasDem Tower.
Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap program sumur resapan dilanjutkan oleh penerusnya di Jakarta. Anies memandang program ini dapat diandalkan menangani banjir karena berbasis ilmu pengetahuan.

"Penting sekali menghormati ilmu pengetahuan dan melaksanakan ilmu pengetahuan karena inilah solusi yang bisa kita andalkan. Ini pekerjaan rumah kita ke depan. Mudah-mudahan nanti diteruskan," kata Anies Baswedan di Jakarta Recycle Center di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

Anies kemudian berbicara mengenai efektivitas sumur resapan, khususnya di kawasan berbentuk cekungan. Saat banjir merendam kawasan itu, air lebih cepat teresap ke dalam tanah.

"Sumur resapan itu penting untuk daerah yang cekung. Kalau daerahnya tidak cekung, air mudah mengalir. Tapi di daerah-daerah yang cekung, ketika terjadi hujan dengan volume yang amat tinggi, lalu diandalkannya pompa untuk mengalirkan ke tempat lain. Kami berharap kedewasaan kita semua untuk melihat ini sebagai sebuah problem yang diselesaikan secara saintifik, bukan semata-mata secara politik," kata Anies.

"Di kawasan cekung itulah kita perlu solusi sumur resapan. Terbukti di daerah-daerah yang sumur resapannya sudah terbangun dengan baik, walaupun cekung, terjadi genangan karena volume air hujan yang tinggi, tapi kecepatan surutnya menjadi sangat tinggi," jelasnya.

Anies kemudian menyinggung peristiwa banjir yang terjadi sejak semalam. Anies menyebut saat ini jumlah titik banjir sudah mengalami pengurangan.

"Jadi semalam tim bekerja di tempat-tempat itu, alhamdulillah sekarang RT yang masih tergenang tinggal sedikit dibandingkan dengan apa yang terjadi tadi malam dan tim bekerja all out untuk menyedot itu semua," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali berbicara mengenai efektivitas pembangunan sumur resapan untuk penanggulangan banjir. Marullah menganggap sumur resapan tidaklah signifikan dalam menekan banjir.

"Kita lakukan terus-menerus terutama, misalnya sumur resapan, lalu dulu awalnya bioporim, kemudian sumur resapan dan vertikal drainase, itu menjadi penting. Kita paham bahwa ini tidak secara signifikan sekali, tetapi itu paling tidak punya pengaruh," kata Marullah Matali di Hotel Aryaduta, Jl KKO Usman, Jakarta Pusat, Rabu (28/9).

Marullah mengaku saat ini pihaknya tengah menghitung persentase dampak sumur resapan terhadap bencana banjir. Kendati begitu, dia meyakini, setidaknya pembangunan sumur resapan berdampak terhadap kondisi banjir di lingkungan sekitarnya.

"Kita lagi hitung berapa persennya, tapi paling tidak itu punya pengaruh. Paling tidak di lingkungan lokal sekitarnya itu akan sangat berpengaruh," ujarnya.

Lihat juga Video: Hujan Deras Guyur Jakarta, Sumur Resapan Malah Terendam Banjir

[Gambas:Video 20detik]




(taa/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT