Anies soal Banjir: Problem Diselesaikan dengan Scientific, Bukan Politik

ADVERTISEMENT

Anies soal Banjir: Problem Diselesaikan dengan Scientific, Bukan Politik

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 10:52 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Rusun Asrama Polri di Jakarta, Selasa (4/10/2022).
Anies Baswedan (Fajar Briantomo/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara soal banjir yang kerap melanda Jakarta. Dia menilai masalah banjir harus diselesaikan dengan pendekatan ilmiah, bukan politik.

Anies awalnya bicara soal sumur resapan. Dia menyebut sumur resapan dibuat di daerah yang cekung agar air lebih cepat surut.

"Sumur resapan itu penting untuk daerah yang cekung. Kalau daerahnya tidak cekung, air mudah mengalir," kata Anies Baswedan di Jakarta Recylce Center, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022) .

Anies mengatakan selama ini daerah cekungan di Jakarta sering kebanjiran dan selalu mengandalkan pompa untuk mengalirkan air ke tempat lain. Anies menilai sumur resapan sangat penting dibangun di lokasi tersebut.

"Di daerah-daerah yang cekung ketika terjadi hujan dengan volume yang amat tinggi lalu diandalkannya pompa untuk mengalirkan ke tempat lain," jelasnya.

Anies mengajak seluruh pihak bersikap dewasa soal penanganan banjir di Jakarta. Anies mengatakan banjir harus diselesaikan secara scientific, bukan politik.

"Kami berharap kedewasaan kita semua untuk melihat ini sebagai sebuah problem yang diselesaikan secara scientific, bukan semata-mata secara politik. Karena itu, yang dibutuhkan untuk ini adalah program sumur resapan di kawasan-kawasan yang cekung," ujarnya.

Anies menjelaskan, sumur resapan berfungsi untuk menambah daerah resapan air di suatu wilayah sehingga banjir yang terjadi di wilayah cekungan akan cepat surut.

"Terbukti di daerah-daerah yang sumur resapannya sudah terbangun dengan baik walaupun cekung terjadi genangan karena volume air hujan yang tinggi, tapi kecepatan surutnya menjadi sangat tinggi. Itulah bedanya," ujar Anies.

"Di situ kenapa kita lihat penting sekali menghormati ilmu pengetahuan dan melaksanakan ilmu pengetahuan, karena inilah solusi yang bisa kita andalkan. Ini pekerjaan rumah kita ke depan. Mudah-mudahan nanti diteruskan," tambahnya.

Lihat Video: Sejumlah Motor Mogok Usai Terobos Banjir di Jalan Kapten Tendean Jaksel

[Gambas:Video 20detik]




(taa/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT