KPAD Bogor Soroti Fenomena Gangster Remaja, Minta Ortu Perketat Pengawasan

ADVERTISEMENT

KPAD Bogor Soroti Fenomena Gangster Remaja, Minta Ortu Perketat Pengawasan

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 09:30 WIB
perkelahian antar anak sma
Ilustrasi Tawuran (Edi Wahyono/detikcom)
Bogor -

Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor menyoroti fenomena gangster remaja di Bogor. KPAD menyebut banyak video yang beredar dan menunjukkan kelompok remaja itu membawa senjata tajam seperti celurit hingga panah.

"Dari berbagai video yang beredar, mereka berkelompok dan melengkapi dirinya dengan berbagai senjata tajam, celurit, pedang, dan bahkan panah," kata Wakil Ketua KPAD Kabupaten Bogor, Waspada, kepada wartawan, Selasa (4/10/2022).

Waspada meminta orang tua memperketat pengawasan terhadap perilaku anak. Dia mengatakan orang tua harus mencegah anak-anak mereka agar tidak masuk ke gangster remaja.

"KPAD mengimbau kepada seluruh orang tua dan masyarakat untuk melakukan pencegahan dan pengawasan terhadap perilaku anak-anak agar tidak terjebak masuk kelompok gangster yang meresahkan masyarakat dan merusak masa depan anak-anak," ucapnya.

"Hindarkan segala bentuk kekerasan terhadap anak dalam keluarga sehingga anak merasa aman dan nyaman dalam keluarga. Dengan demikian anak tidak mencari perhatian dan kasih sayang di luar rumah yang bisa jadi justru terjebak salah pergaulan," sambungnya.

Waspada mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan polisi terkait kasus gangster yang melibatkan remaja. Menurutnya, para remaja itu harus diberi pembinaan.

"KPAD siap untuk melakukan pembinaan terhadap anak-anak yang terlibat perilaku menyimpang tersebut bersama aparat penegak hukum," ucapnya.

Sebelumnya, polisi menangkap empat remaja setelah menyerang dan melukai seorang warga di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Polisi menyebut empat remaja ini berkaitan dengan gerombolan pemotor yang berkeliling sambil mengacungkan senjata tajam dan sempat viral di media sosial.

"Polsek Parung bertindak cepat dengan menangkap sejumlah pelaku penyerangan yang dilakukan sekelompok remaja di wilayah Ciseeng, Kabupaten Bogor, pada Senin (26/9) malam. Dalam penangkapan itu, sebanyak empat remaja berhasil diamankan," kata Kapolsek Parung Kompol Sularso dalam keterangannya, Selasa (27/9).

Keempat remaja yang diamankan adalah RDA (19), F (18), A (18), dan MFF (17). Mereka diduga menyerang seorang remaja berinisial G (18).

"Dalam penangkapan tersebut juga kita amankan barang bukti berupa sepeda motor yang digunakan para pelaku dan senjata tajam jenis celurit yang digunakan untuk melukai korban," ujar Sularso.

(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT